fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

chinatown

Source : tribunnewswiki.com

Chinatown Glodok adalah salah satu area tersibuk dan paling menarik untuk dijelajahi di ibu kota Indonesia ini dan juga merupakan Chinatown terbesar di Indonesia, lho. Jika kita mengunjungi Pecinan Jakarta, kita akan berjalan di antara pasar buah, sayur, dan rempah-rempah, pusat perbelanjaan elektronik, dan kuil yang tersebar di sepanjang jalan kecil dan gang sempit. Kita mungkin sudah tidak asing lagi mendengar Chinatown disebut ‘Glodok’ oleh penduduk setempat di Jakarta. Meskipun Glodok terdiri dari wilayah yang lebih luas daripada hanya Pecinan. Pecinan di Jakarta juga merupakan salah satu Pecinan yang paling sedikit turis dibandingkan dengan yang lain yang akan kita temukan di kota-kota besar seperti Singapura dan Kuala Lumpur. Jadi, kita dapat dengan tenang menikmati suasana dan budaya Tionghoa yang lebih otentik disana. Yuk, simak berbagai aktivitas seru yang dapat kita lakukan disana!

 

 

  • Menyusuri Kaki Lima di Chinatown Glodok

 

Salah satu aktivitas paling populer dengan pengunjung Chinatown di Jakarta adalah berjalan-jalan di jalanan yang ramai. Pasar di sepanjang Jalan Kemenangan Raya sangat menarik. Ini adalah salah satu jalan yang ‘harus dilihat’ di Chinatown. Gang-gang sempit di sepanjang Jalan Kemenangan Raya juga menarik banget, lho. Jalan kecil di seluruh Chinatown menjadi sangat sibuk di pagi hari ketika ikan dan daging segar dijual oleh pedagang lokal. Jika berkunjung kesana, jangan lupa untuk berkunjung ke Pasar Pagi dan Pasar Asemka.

 

 

  • Mengunjungi Kuil dan Gereja Yang Megah

 

Saat berkunjung ke Chinatown Glodok, kita juga bisa melihat beberapa tempat peribadatan bersejarah juga. Terdapat tiga kuil yang bisa kita datangi dengan mudah, yaitu Vihara Dharma Sakti, Vihara Hui Tek Bio, dan Vihara Dharma Bhakti. Vihara Dharma Bhakti dibangun pada tahun 1650 dan dianggap sebagai kelenteng tertua di Jakarta. Selain itu, kita juga dapat berjalan kaki ke Gereja Katolik Santa de Fatima di Pecinan Jakarta. Kita bisa menuju gereja dengan berjalan di sepanjang Jalan Kemenangan Raya dan memutar ke Jalan Kemenangan. Seru sekali, bukan?

 

 

  • Wisata Kuliner di Chinatown Glodok

 

Makan makanan tradisional Cina di Jakarta adalah pengalaman yang cukup mengesankan. Kita akan menemukan banyak pedagang pinggir jalan yang menjual jajanan kaki lima. Tempat yang populer bagi pengunjung adalah Pantjoran Tea House. Tempat ini menyajikan makanan Cina tetapi dan cukup bersih. Lokasinya tepat di samping Pasar Glodok di sepanjang Jalan Pintu Besar Selatan. Selain itu, kita bisa mengambil gambar yang ciamik karena banyak spot foto instagramable juga disana. Ada juga berbagai macam toko kecil yang menjual makanan ringan Cina di seluruh Chinatown. Jangan ragu untuk mencobanya, ya.

 

Chinatown Glodok bisa menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi di Jakarta. Pastikan untuk mengisi daya kamera jika berkunjung kesana, ya.Tetap patuhi protokol kesehatan juga. Untuk berlibur lebih aman dan tentunya seru, kamu dapat menghubungi Wisata Sekolah melalui akun Instagram @wisatasekolah, WhatsApp ke nomor 0819-1083-1792, atau nomor telepon 021-7599-9969. Sampai bertemu nanti, Sobat WS! 

Leave a Reply