fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Study tour merupakan salah satu kegiatan sekolah yang memiliki tujuan untuk mengenalkan dunia luar kepada siswa yang mana lingkungan tersebut memiliki keterkaitan terhadap ilmu pengetahuan yang dipelajari siswa di sekolah setiap hari. Biasanya destinasi untuk study tour adalah tempat wisata. Ada banyak sekali desa wisata untuk study touryang sangat layak untuk siswa kunjungi.

Beberapa tempat wisata yang ada ini dijamin bisa menjadi lingkungan yang menyenangkan bagi siswa sekaligus mengajarkan banyak wawasan yang ada di dalamnya kepada semua siswa tersebut. Apalagi memilih tempat untuk study tour adalah salah pertimbangan yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Hal ini karena jika siswa salah memilih tempat maka moment study tour bisa menjadi kacau dan tidak membuahkan hasil yang bagus untuk siswa.

Daftar Desa Wisata Untuk Study Tour

Seperti yang sudah siswa semua ketahui, Indonesia merupakan salah satu Negara yang dikenal dengan banyaknya budaya dan adat. Selain itu, ada banyak sekali spot atau pemsiswangan alam menarik yang ada di Indonesia yang sangat patut untuk siswa kunjungi dan siswa nikmati bersama keluarga dan teman.

Hal ini juga kerap menjadi factor mengapa banyak sekali wisatawan luar yang senang berkunjung ke Indonesia.

Tidak hanya lingkungan perkotaan saja yang memiliki banyak spot bagus untuk dikunjungi sebagai destinasi study tour para siswa. Siswa juga bisa memilih lingkungan pedesaan untuk menjadi destinasi study tour.

Lingkungan pedesaan akan lebih berkesan bagi para siswa dibandingkan hiruk pikuk lingkungan perkotaan. Untuk itu siswa bisa menyimak beberapa pilihan desa wisata untuk study tour di bawah ini.

1. Desa Sungai Nyalo

Desa yang satu ini merupakan salah satu desa yang ada di wilayah pesisir yang ada di Sumatra Barat. Desa yang namanya merupakan nama sungai merupakan desa yang di dalamnya terdapat pantai elok nan bersih.

Tepatnya desa ini berada di daerah Painan. Di sini siswa bisa memanfaatkan keadaan lingkungan pantai yang berada di dalam desa sebagai wawasan baru untuk kegiatan study tour siswa.

2. Desa Taman Sari

Dari nama desanya siswa bisa menebak bahwa desa yang satu ini dikenal akan tamannya yang memiliki daya tarik unik dari daerah lain. Desa dengan ini merupakan salah satu desa yang berada di Banyuwangi.

Tepatnya desa ini berada di sekitar kawasan gunung yang bernama gunung Ijen. Selain memiliki pemsiswangan yang luar biasa indahnya, di kawasan Taman Sari ini ternyata telah berdiri beragam kampung yang sangat berpotensi sebagai ladang bisnis. Diantara kampung yang berdiri di sana adalah kampung susu, Penambang, dan Bunga.

Dengan kearifan lokal dan bisnis di dalam kampung yang ada di wilayah Taman Sari ini maka tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang pas untuk siswa yang mencari destinasi tempat study tour. Terutama dalam bidang bisnis dan social.

3. Desa Seigentung

Desa Seigentung ini tepatnya berada di wilayah Gunung Kidul. Karena berada di wilayah Gunung Kidul maka sudah pasti keadaan tanah dari desa ini adalah berada pada dataran tinggi. Meskipun terbilang sebagai sebuah desa di dataran tinggi namun jangan salah.

Di sini siswa bisa melihat ada banyak sekali kemajuan teknologi yang diimplementasikan masyarakatnya. Tidak heran jika Desa Seigentung ini dikatakan atau disebut-sebut sebagai desa IPTEK.

Hal ini juga dapat siswa lihat dari keadaan social dan ekonomi masyarakat yang semakin bagus karena adanya pemanfaatan teknologi untuk kehidupan masyarakat. Salah satu contohnya adalah pembuatan teknologi berkemajuan untuk pengolahan tanah dan persawahan. Sangat cocok menjadi destinasi study tour siswa.

4. Desa Teluk Meranti

Desa wisata yang satu ini tepatnya berada di kepulauan Riau. Desa Teluk Meranti dikenal dengan sungai yang sangat asik dan seru untuk kegiatan berselancar. Pasalnya di sungai ini terdapat ombak yang sama layaknya dengan ombak laut untuk dijadikan sebagai tempat berselancar.

Meskipun hanya sebuah sungai di dalam sebuah desa namun dengan tempat wisata sederhana ini, desa Teluk Meranti berhasil dikenal sebagai desa kreatif. Siswa bisa belajar banyak hal kreatif yang ada di tempat wisata tersebut.

5. Desa Bontagula

Desa ini berada di wilayah Kalimantan Timur tepatnya ada di daerah Bontang. Wisata yang ada di desa ini merupakan wisata pesisir karena memang desa ini berada di wilayah perairan yang luas.

Ada pemsiswangan pantai yang indah yang bisa siswa nikmati. Dan sebagai destinasi study tour siswa bisa belajar banyak dari kehidupan penduduk desa di bidang maritim.

6. Desa Ponggok

Desa Panggok berada di daerah Klaten tepatnya berada di Kecamatan Polanharjo. Di desa ini terdapat tempat wisata yang bernama umbul ponggok. Dari wisata unik yang dimiliki oleh desa ini, hingga sekarang desa Ponggok mampu menghasilkan banyak sekali uang untuk kemakmuran masyarakat desa.

Untuk itu siswa bisa mengambil banyak sekali pelajaran dalam bidang pemberdayaan masyarakat yang ada di desa Ponggok ini.

7. Desa Pujon Kidul

Desa Pujon Kidul berada di Kota Malang. Seperti yang siswa tahu Malang memiliki banyak sekali tempat wisata pembelajaran. Salah satunya adalah di Desa Pujon Kidul ini. Di desa ini selain siswa bisa belajar mengenai perkebunan buah-buahan, siswa juga bisa belajar bidang agro yang lainnya.

Misalnya belajar dari budaya pemerahan susu sapi asli dan pemberdayaan penanaman tumbuhan obat-obatan. Tentunya selain bisa dinikmati keindahan alamnya, desa ini sangat pas untuk dijadikan tujuan study tour.

8. Desa Ubud

Pastinya siswa sudah tidak asing lagi dengan nama desa yang ada di Bali ini bukan? Di Desa Ubud ini siswa akan menjumpai budaya social yang sangat kental dan keelokan wisata lokal yang tak kalah bagus dari monument sejarah pasa umumnya.

9. Desa Madobak

Desa ini terkenal dengan adat tradisionalnya yang sangat kuat dan teguh di pegang oleh penduduk yang ada di dalamnya. Bahkan di sini siswa bisa belajar mengenai budaya tato tradisional yang masih banyak digunakan oleh masyarakat.

Desa Madobak menjadi desa yang sangat cocok dikunjungi untuk siswa yang sedang belajar mengenai budaya masyarakat.

10. Desa Kasongan

Desa ini berada di Kota Jogja. Desa Kasongan memiliki wisata industry gerabah yang sangat terkenal. Di sini siswa bisa belajar banyak hal mengenai industry gerabah dan bagaimana cara mengembangkannya.

Beberapa desa wisata terbaik yang telah disebutkan di atas, bisa siswa jadikan sebagai referensi keren untuk siswa yang tengah mencari tujuan tempat study tour. Selain mempertimbangkan keindahan wisata yang ada di dalam desa tersebut, siswa juga harus mempertimbangkan nilai pendidikan yang bisa siswa dapatkan dari beberapa tempat study tour tersebut.

Leave a Reply