Bank Indonesia

Jl. MH Thamrin, Gambir
(Average 0 of 0 Ratings)

Buat kamu yang menyukai mata pelajaran Ekonomi, field trip ke Bank Indonesia pasti sangat menarik. Tidak hanya bisa melihat secara langsung bank sentral negara Indonesia, tapi juga dapat mengenal lebih dalam mengenai sejarah bank Indonesia mulai dari jaman penjajahan Belanda hingga saat ini. Seru banget kan? Segera daftarkan sekolah kamu untuk melakukan kunjungan ke Bank Indonesia, ya!

Bank Indonesia

Bank Indonesia merupakan bank sentral Indonesia. Bank ini memiliki tiga fungsi,yaitu di bidang perbankan, moneter, dan sistem pembayaran . Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia.

Dulunya, Bank Indonesia bernama De Javasche Bank yamg didirikan pada tahun 1828 oleh pemerintah Hindia Belanda. Tujuannya sebagai bank sirkulasi yang bertugas mencetak dan mengedarkan uang. Dengan UU Pokok Bank Indonesia yang mulai berlaku pada tanggl 1 Juli 1953, De Javasche Bank diganti menjadi Bank Indonesia. Gedung Bank Indonesia yang berlokasi di Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat ini dirancang oleh arsitek Frederich Silaban antara 1958 hingga 1962 dan merupakan gedung Bank Pemerintah Indonesia pertama di Indonesia.

Bank Indonesia dipimpin oleh Dewan Gubernur dengan Gubernur sebagai kepalayang dibantu oleh Deputi Gubernur Senior sebagai wakil dan memiliki masa jabatan 5 tahun. Gubernur BI, Deputi Gubernur Senior, dan Deputi Gubernur diusulkan dan diangkat oleh Presiden RI atas persetujuan dari DPR.

Kegiatan field trip ke Bank Indonesia akan diisi dengan:

  • Penjelasan pengetahuan umum mengenai Bank Indonesia
  • Penjelasan mengenai sejarah dan tugas bank sentral, perbedaan dengan bank umum atau institusi keuangan lainnya, kedudukan dalam tata negara, dll
  • Dapat memilih salah satu topik yang tersedia.

Jadi, tunggu apa lagi?

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Bank Indonesia

Our Recommendations