Batik Giriloyo

Batik Giriloyo, Wukirsari, Bantul, Yogyakarta
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
place-img

Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menyatakan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia. Untuk melestarikannya, kita harus bangga memakai batik. Tapi, bagaimana sih cara membuat batik? Kalau bingung, kalian perlu ke Batik Giriloyo. Yuk, intip cara pembuatannya!

Batik Giriloyo

Batik Giriloyo merupakan kesenian batik tulis yang masih dipertahankan oleh masyarakat di Desa Giriloyo, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Menurut sejarah, diperkirakan kerajinan batik tulis masuk ke kampung Giriloyo pada abad ke-17 bersamaan dengan pembangunan kompleks keraton. Karena hubungan yang sangat erat, abdi dalam dan masyarakat desa dapat memperoleh pengetahuan mengenai cara membuat dan mewarnai batik. Kemudian, beberapa tokoh dan kerabat keraton memberikan pekerjaan kepada masyarakat desa, khususnya ibu-ibu, sebagai buruh canting batik.

Setelah gempa hebat menghancurkan Jogja pada tahun 2006, masyarakat Giriloyo membentuk kelompok-kelompok batik dan mendapat pendampingan baik dari pemerintah maupun LSM yang memberi pelatihan untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan, mulai dari membuat hingga memasarkan. Bila berkunjung kesini, kalian akan belajar membuat batik dan mengenal motif batik dan filosofinya.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Batik Giriloyo

Our Recommendations

Map of Batik Giriloyo

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories