Candi Borobudur

Magelang, Jawa Tengah
(Average 0 of 0 Ratings)

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan budaya dari Indonesia yang diakui oleh dunia. Tapi, tahukah kamu sejarah Candi Borobudur?

Candi Borobudur

Candi Borobudur mulai mencuri perhatian dunia saat H. C. Cornelius menemukan lokasinya atas perintah Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814. Sejak saat itu, Borobudur mengalami serangkaian penyelamatan dan pemugaran.  Candi yang berbentuk stupa ini didirikan oleh penganut Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi atas perintah Samaratungga atau pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Berdasarkan Prasati Kayumwungan pada tahun 824 Masehi, Candi Borobudur dibangun bersamaan dengan Candi Mendut dan Candi Pawon. Proses pembangunan candi yang diarsiteki oleh Gunadharma ini berlangsung selama 75 tahun-100 tahun.

Dengan luas 2.500 meter persegi, Candi Borobudur terdiri lebih dari 55.000 meter persegi batu, enam teras berbentuk persegi dan dihiasi 2.672 panel relief dan terdapat 504 arca Buddha. Tak heran, Candi Borobudur menjadi salah satu candi dan monumen Buddha terbesar di dunia. Candi ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia kembali ke ajaran Buddha.

Candi Borobudur sempat ditinggalkan selama berabad-abad, hingga akhirnya ditemukan kembali dan mengalami pemugaran. Hingga proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Indonesia dengan UNESCO. Setelah pemugarann tersebut, Borobudur kembali menjadi pusat keagamaan dan ziarah agama Buddha. Kini, Candi Borobudur dikunjungi hingga 10.000 orang setiap harinya. Dan selalu meningkat setiap tahunnya.

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Candi Borobudur

Our Recommendations

Map of Candi Borobudur

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories