Candi Ratu Boko

Bokoharjo, Sleman,Yogyakarta
(Average 0 of 0 Ratings)

Tahukah kamu? Candi Ratu Boko merupakan cikal bakal Kerajaan Sriwijaya yang terkenal, loh. Menurut sejarah, Balaputeradewa yang memberontak melarikan diri ke candi ini saat diserang oleh Rakai Pikatan. Setelah kalah, Balaputeradewa melarikan diri ke Sumatera dan menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Dulunya Candi Ratu Boko merupakan istana megah yang bernama Abhayagiri Vihara yang didirikan untuk tempat menyepi dan fokus pada kehidupan spiritual dan sempat dijadikan benteng pertahanan oleh Rakai Kayuwangi saat terjadi penyerbuan dari Rakai Walaing Puhuyaboni. Pertempuran tersebut menyebabkan beberapa bagian candi rusak. Pemugaran Candi Ratu Boko baru terjadi saat masa penjajahan Belanda pada tahun 1938 dan dilanjutkan kembali oleh pemerintah Indonesia saat tahun 1952.

Lokasi Candi Ratu Boko berada di sebelah timur kota Yogyakarta dan berada di 3 km sebelah timur Candi Prambanan. Candi ini memiliki area seluas 250.000 meter persegi. Disini, kita dapat menjumpai bangunan berbentuk gapura utama, Candi Pembakaran yang berfungsi sebagai tempat untuk membakar jenazah, kolam, batu berumpak, komplek Keputren, komplek Gua, stupa Buddha, paseban, dan terdapat sumur yang bernama Amerta Mantana. Amerta Mantana memiliki arti air suci yang diberi mantra. Air di sumur tersebut dipercaya oleh masyarakat sekitar membawa keberuntungan dan hingga kini masih digunakan untuk Upacara Tawur Agung, upacara sehari sebelum hari Nyepi.

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Candi Ratu Boko

Our Recommendations

Map of Candi Ratu Boko

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories