Goa Belanda dan Goa Jepang

Taman Hutan Raya Juanda,Ciburial, Bandung, Jawa Barat
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
place-img

Bandung memang tidak pernah kehabisan tempat rekreasi yang membuat pengunjungnya betah berlama-lama. Bila kalian suka dengan tempat bersejarah sambil menikmati pemandangan yang sejuk, kalian harus ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Dan jangan lupa, berkunjung ke dua goa bersejarah yaitu Goa Belanda dan Goa Jepang. Seperti apa ya?

Goa Belanda dan Goa Jepang

Goa Belanda dan Goa Jepang berada di Bukit Dago Pakar tepatnya di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung. Taman berbentuk hutan lindung ini merupakan taman terbesar yang dibangun pemerintah Hindia Belanda. Sebelumnya, taman ini bernama Hutan Lindung Gunung Pulosari dan diresmikan pada tahun 1922.

  • Goa Belanda

Seperti namanya, goa yang memiliki luas 750 meter persegi ini dibangun oleh pada masa penjajahan Belanda.  Goa yang terbuat dari batu yang berasal dari letusan Gunung Krakatau ini awalnya dibangun untuk dijadikan terowongan PLTA Bengkok. Namun, pada saat Perang Dunia II, berubah fungsi menjadi Pusat Stasiun Radio Telekomunikasi Militer Hindia Belanda. Dan setelah Indonesia merdeka, dijadikan sebagai tempat gudang penyimpanan senjata dan gudang amunisi. Goa Belanda memiliki 3 koridor yang masing-masing memiliki fungsi berbeda dan dibagi menjadi 15 lorong. Fungsi koridor pertama adalah sebagai saluran air. Koridor kedua sebagai ruang ventilasi, dan koridor ketiga sebagai ruang interogasi.

  • Goa Jepang

Goa Jepang dibangun pada tahun 1942 pada masa penjajahan Jepang. Seperti goa pada umumnya, goa Jepang tidak memiliki penerangan sama sekali. Dulunya, goa ini dipergunakan sebagai tempat persembunyian serta menjadi gudang amunisi dan persenjataan bagi tentara Jepang. Untuk membangun goa seluas 350 meter, Jepang memperkerjakan secara paksa sekitar 300 penduduk laki-laki. Para pekerja paksa atau Romusha ini hanya diberi upah 5 sen dan beras 1/4 cangkir setiap harinya. Konon, proses pembuatan goa ini memakan korban yang tidak sedikit.

 

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Goa Belanda dan Goa Jepang

Our Recommendations

Map of Goa Belanda dan Goa Jepang

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories