Komisi Pemberantasan Korupsi

Karet, Jakarta Selatan
(Average 0 of 0 Ratings)

Pasti kalian sudah tak asing lagi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK yang sering muncul di televisi dan menangkap para koruptor. Kini, kalian bisa loh berkunjung ke gedung KPK. Seru banget kan?

Komisi Pemberantasan Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi merupakan lembaga independen yang bertujuan meningkatkan upaya memberantas tindak korupsi. Dalam pelaksanaan tugasnya, KPK berpedoman kepada lima asas, yaitu: kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, dan proporsionalitas.

Jadi, tugasnya KPK apa ya? Apa cuma memberantas korupsi dan menangkap koruptor saja?

Nah, KPK memiliki empat tugas penting, yakni: koordinasi dengan instansi yang berwenang, supervisi terhadap instansi yang berwenang, melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi, melakukan tindakan pencegahan korupsi, dan melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

Kenapa ya KPK sering sekali muncul di televisi?

KPK bersifat transparan dan bertanggung jawab memberi penjelasan kepada masyarakat umum serta memberi laporan secara berkala kepada Presiden, DPR, dan BPK.

Kapan dan bagaimana sejarah berdirinya KPK?

KPK didirikan pada tahun 2002 oleh Presiden saat itu, Megawati Soekarnoputri. Hal ini didasari oleh kekhawatiran Mega melihat banyaknya institusi pemerintahan yang korup. Akhirnya, diputuskan untuk mendirikan KPK sebagai institusi yang independen dan transparan serta dianggap mampu memberantas korupsi.

Apa yang dilakukan jika melakukan kunjungan ke Gedung KPK?

Berkunjung ke gedung KPK, selain merupakan pengalaman yang dijamin tidak akan terlupakan, juga akan lebih menanamkan pentingnya  sifat jujur ke diri anak melalui kuis yang diadakan oleh perwakilan dari KPK. Dan tentu saja mengenal lebih dalam mengenai profil KPK.

 

 

 

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Komisi Pemberantasan Korupsi

Our Recommendations