Monumen Nasional

Gambir, Jakarta Pusat
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-imgplace-imgplace-imgplace-img

Tidak hanya sebagai tugu yang ikonik. Monas atau Monumen Nasional banyak menyimpan cerita. Baik dari segi sejarah pembangunannya, hingga filosofi dibalik pembangunannya. Disini, kalian juga bisa mendengar secara langsung Bung Karno, sang Proklamator membacakan naskah proklamasi Indonesia, loh. Dijamin banget setelah memasuki monumen ini, kalian akan semakin bangga menjadi warga negara Indonesia!

Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas. Siapa sih yang tidak tahu Monas? Selain sebagai ikon kota Jakarta, Monas juga merupakan monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial Hindia Belanda. Monumen Nasional dibangun atas gagasan Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno. Beliau ingin membuat monumen di masa modern bangsa Indonesia, seperti halnya Candi Borobudur atau Prambanan yang menggambarkan masa awal sejarah di Indonesia. Keseluruhan bangunan Monas diarsiteki oleh R. M. Soedarsono, Frederich Silaban, Ir. Rooseno.

Pembangunan monumen yang terletak tepat di tengah Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini, terdiri atas tiga tahap. Tanggal 17 Agustus 1961, Presiden Soekarno secara seremonial menancapkan pasak beton pertama. Pembangunan tahap kedua berlangsung dalam kurun 1966-1968. Pembangunan kedua ini sempat tertunda akibat terjadinya G30SPKI. Tahap ketiga berlangsung 1969-1976. Monumen ini akhirnya diresmikan oleh Presiden Soeharto dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Tugu peringatan nasional ini dibangun diatas areal seluas 80 hektar. Tinggi Monas mencapai 132 meter. Puncak monumen ini terdapat cawan yang menopang nyala lampu perunggu yang memiliki berat 14,5 ton dan dilapisi emas yang awalnya ‘hanya’ 35 kg. Emas ini merupakan sumbangan dari Teuku Markam, pengusaha dari Aceh. Pada Agustus 1995, untuk memperingati 50 tahunnya kemerdekaan Indonesia, emas ini dilapisi ulang sehingga mencapai 50 kg. Puncak yang diberi nama “Api Nan Tak Kunjung Padam” memiliki makna agar Bangsa Indonesia senantiasa memiliki semangat yang menyala-nyala dalam berjuang dan tidak pernah surut atau padam sepanjang masa.

Monumen Nasional ini bisa dimasuki bagian dalamnya, loh. Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter dibawah permukaan tanah, kita dapat mengunjungi Museum Sejarah Nasional Indonesia yang memiliki 48 diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Museum berlapis marmer dengan luas 80×80 meter ini dapat menampung sekitar 500 orang. Pada bagian dalam cawan monumen, kita bisa melihat naskah proklamasi asli yang disimpan di kotak kaca dalam pintu gerbang berlapis emas. Pintu gerbang yang memiliki nama lain “Gerbang Kemerdekaan” ini terbuat dari perunggu seberat 4 ton dan saat terbuka secara otomatis akan terdengar lagu “Padamu Negeri” diikuti oleh rekaman suara Proklamator Indonesia, Soekarno membacakan naskah proklamasi pada 17 Agustus 1945.

Tidak hanya bisa mengunjungi bagian dalamnya saja, kita juga bisa menuju pelataran puncak tugu Monas dengan menaiki elevator yang berkapasita hingga 11 orang. Dari pelataran ini, siap-siap terpukau melihat kota Jakarta dari ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Bila cuaca cerah, kita dapat melihat Gunung Salak yang berada di wilayah Kabupaten Bogor.

Selain sebagai tugu peringatan, ternyata Monas menyimpan banyak pengetahuan mengenai sejarah Indonesia. Keren banget ya! Lebih keren lagi bila langsung menghubungi wisatasekolah.com untuk field trip kesini, sih. Kalian tinggal santai saja, dijamin gak bakal kerepotan!

Our Technological services has been improved

Hubungi Trip Specialist kami atau Click untuk memesan Paket Wisata Edukasi ini.
Get Quote

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Monumen Nasional

Our Recommendations

Map of Monumen Nasional

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories