Monumen Pancasila Sakti

Lubang Buaya, Jakarta Timur
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-imgplace-imgplace-imgplace-imgplace-imgplace-img

Siap-siap merinding saat mengunjungi bangunan bersejarah satu ini. Bagaimana tidak? Kalian akan disuguhi bagaimana kekejaman para pemberontak G30SPKI saat menyiksa para petinggi TNI. Baik dari foto, diorama kecil, hingga diorama seukuran manusia pun akan menyajikan cerita peristiwa bersejarah tersebut sehingga menjadi seakan-akan nyata.

Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti berada diatas lahan kurang lebih 9 hektar. Sebelumnya, lahan ini merupakan tanah kosong yang dijadikan pusat pelatihan milik PKI. Kemudian, dijadikan sebagai tempat penyiksaan dan pembuangan para korban Gerakan 30 September 1965. Untuk mengenang tragedi dan para pahlawan yang gugur, dibangunlah Monumen Pancasila Sakti. Selain monumen, terdapat juga Museum Pengkhianatan G30SPKI, Sumur Maut, Rumah Penyiksaan, Pos Komando, Dapur Umum, dan Museum Paseban.

Monumen Pancasila Sakti

Monumen ini mulai dibangun pada tahun 1967 atas prakarsa dari presiden Indonesia ke-2, Soeharto dan diresmikan pada 1 Oktober 1972. Dapat dilihat terdapat 7 Pahlawan Revolusi di monumen tersebut. 7 pahlawan tersebut adalah: Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani, Mayjen TNI R. Suprapto, Mayjen TNI M.T. Haryono, Letjen TNI S. Parman, Brigjen TNI D.I. Panjaitan, Kapten Pierre Andreas Tendean, dan Mayjen TNI Soetojo Siswomiharjo. Seniman yang membuat monumen ini adalah Edhi Sunarso, pematung yang membuat Tugu Selamat Datang dan Patung Dirgantara/Patung Pancoran.

Museum Pengkhianatan PKI

Museum ini menceritakan secara kronologis peristiwa pemberontakan G30SPKI mulai dari penculikan petinggi TNI hingga pembunuhan melalui 34 diorama. Diantaranya, peristiwa pembunuhan massal di Tirtomoyo, penangkapan D.N Aidit, hingga Rakyat Jakarta. Terdapat juga foto pemberontakan PKI dan foto pengangkatan 7 jenazah para petinggi TNI. Selain diorama dan foto, museum juga memiliki koleksi pakaian terakhir yang dipakai oleh para Pahlawan Revolusi.

Sumur Tua 

Sumur ini memiliki kedalaman 12 meter dan berdiameter 75 cm dan digunakan untuk tempat mengubur ketujuh Pahlawan Revolusi. Sebelum dikubur, jenazah diseret dan dimasukkan ke dalam sumur dengan posisi kepala di bawah. Kemudian, jenazah ditembaki dan ditimbun tanah dan sampah untuk menghilangkan jejak. Dulunya, sumur ini dimiliki oleh Bambang Haryono dan merupakan sumber air di Desa Lubang Buaya. Beliau juga merupakan pemilik salah satu rumah yang kini dikenal dengan Rumah Penyiksaan.

Rumah Penyiksaan 

Rumah ini berada tepat disamping Sumur Maut. Disini dapat dilihat diorama seukuran manusia yang menampilkan kejadian saat penyiksaan para petinggi TNI. Diorama ini dibuat sesuai dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) peristiwa pemberontakan G30SPKI. Sebelum kejadian G30SPKI, rumah ini juga berfungsi sebagai Sekolah Rakyat (SR) atau sekarang Sekolah Dasar (SD).

Pos Komando 

Pos Komando merupakan rumah yang dulunya dimiliki oleh Haji Sueb. Pada kejadian pemberontakan, rumah ini digunakan oleh pimpinan gerakan, Letkol Untung untuk mempersiapkan penculikan terhadap 7 jenderal.

Dapur Umum

Rumah milik Ibu Amroh ini digunakan sebagai tempat penyediaan konsumsi pasukan G30SPKI. Ibu Amroh bersedia meninggalkan rumahnya karena dijanjikan tempat tinggalnya tidak akan ada barang yanh hilang ataupun rusak. Namun, kenyataan berkata lain.

Museum Paseban

Disini terdapat diorama penggambaran kejadian saat rapat persiapan pemberontakan, latihan sukarelawan di lubang buaya, penculikan Jenderal TNI Ahmad Yani, penganiayaan di Lubang Buaya, hingga pelantikan Soeharto menjadi presiden Indonesia ke-2.

Bagaimana? Penasaran dengan museum ini? Segera hubungi wisatasekolah.com untuk perjalanan karya wisata kesini ya! Dijamin seru dan tidak akan membosankan!

Our Technological services has been improved

Hubungi Trip Specialist kami atau Click untuk memesan Paket Wisata Edukasi ini.
Get Quote

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Monumen Pancasila Sakti

Our Recommendations

Map of Monumen Pancasila Sakti

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories