Map of Museum Adityawarman

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Dont hesitate to call us.
or CLICK to request.

081910831792support_img

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman, Jalan Diponegoro, Kota Padang, Sumatera Barat
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
place-img

Tidak hanya terkenal dengan kelezatan makanannya saja. Sumatera Barat juga memiliki museum yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke sana. Namanya Museum Adityawarman. Apa saja yang dimiliki museum ini ya?

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman terletak di Jalan Diponegoro No. 10 Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Berdiri di tengah lahan seluas 2,6 hektar, museum dengan luas bangunan sekitar 2.855 meter persegi ini dibangun dengan mengambil inspirasi arsitektur dari rumah bagonjong atau rumah gadang yang merupakan ciri khas gaya arsitektur tradisional Minangkabau.

Museum Adityawarman mulai dibangun pada tahun 1974, sebagai sebuah pusat pelestarian benda bersejarah yang meliputi cagar budaya Minangkabau, cagar budaya Mentawai, dan secara umum cagar budaya Nusantara. Peresmiannya sendiri dilaksanakan pada 16 Maret 1977 oleh Mendikbud yang menjabat ketika itu, Prof. Dr. Sjarif Thayeb.

Museum ini memiliki referensi peninggalan sejarah yang cukup beragam tentang berbagai aspek kebudayaan Minangkabau dan Sumatera Barat. Terdapat lebih dari 6000 koleksi peninggalan budaya, yang terbagi menjadi 10 kategori koleksi. Diantaranya Geologika/Geografika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika /Heraldika, Filologika, Keramologika, Seni Rupa  dan Teknologika.

Diantara koleksi tersebut terdapat koleksi jenis-jenis perhiasan tradisional, pernak-pernik busana, instrumen musik, replika sajian kuliner khas dalam berbagai upacara adat dan berbagai perkakas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat tradisional Minangkabau. Benda koleksi Museum Adityawarman yang juga menarik perhatian adalah dua buah arca replika Bhairwa dan Amoghapasa peninggalan Kerajaan Dharmasraya, sebuah kerajaan yang pernah berdiri sebelum Kerajaan Pagaruyung/ Malayupura. Arca Amoghapasa adalah patung pemberian Raja Kertanegara dari Kerajaan Singosari untuk Tribhuwanaraja, penguasa Kerajaan Dharmasraya. Patung itu merupakan perwujudan Awalokiteswara, boddhisatwa  yang melambangkan sifat welas asih.

Pada tanggal 28 Mei 1979, museum ini secara resmi diberi nama ‘Adityawarman’. Nama museum ini diambil dari nama salah satu raja yang pernah berkuasa di Minangkabau antara 1347-1375 M. Dalam tinjauan sejarah, Raja Adityawarman merupakan salah satu raja Minangkabau yang berasal dari trah kebangsawanan Majapahit. Adityawarman adalah anak dari Dara Jingga, putri Tribhuwanaraja yang semula akan dinikahkan dengan Raja Kertanegara. Raja Aditywarman merupakan pemimpin yang cakap, dicintai rakyatnya, serta merupakan negosiator yang handal.

Museum ini merupakan salah satu museum terpenting yang mengangkat sejarah masyarakat Minangkabau dan peninggalan kebudayaan mereka sejak masa prasejarah hingga era modern. Disini kita dapat mengenal kehidupan masyarakat Minang dari koleksi yang dimilikinya.