Map of Museum Anak Kolong Tangga

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Dont hesitate to call us.
or CLICK to request.

081910831792support_img

Museum Anak Kolong Tangga

Jl. Tirtodipuran No.26, Mantrijeron, Kota Yogyakarta
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
place-img

Museum Anak Kolong Tangga ini merupakan Museum mainan satu-satunya yang berada di Indonesia. Ada apa aja sih di Museum Anak Kolong Tangga ini? Yuk, baca ulasan berikut!

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga adalah museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Penamaan Museum Kolong Tangga itu sendiri dikarenakan letak bangunannya persis berada di bawah tangga Concer Hall TBY lantai dua. Taman Budaya Yogyakarta (TBY) sendiri terletak di Jalan Sriwedani No. 1 Yogyakarta tepatnya di belakang Taman Pintar.

Museum Kolong Tangga ini dirancang untuk menjadi area publik, ruang tamu umum yang tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan dan menampilkan benda-benda antik semata, tetapi juga sebagai wahana pendidikan alternatif bagi anak-anak. Sejak awal berdiri, pengelolaan Musuem Kolong Tangga serta program-programnya dilaksanakan oleh para relawan yang secara sukarela bekerja untuk kemajuan yayasan dan demi pendidikan anak – anak Indonesia. Relawan Museum Kolong Anak Tangga ini juga merupakan anak-anak muda yang memiliki antusiasme dan semangat kerja yang tinggi. Museum Kolong Tangga ini dikelola oleh Yayasan Dunia Damai yaitu sebuah organisasi sosial non – profit yang bergerak di bidang seni, budaya dan pendidikan alternatif bagi anak-anak. Museum ini dibuka pada tanggal 2 Februari 2008, salah satu inisiator terbentuknya Museum Anak Kolong Tangga ini adalah Rudi Corens, seorang seniman yang berasal dari Belgia.

Pada saat awal berdiri, Rudi Corens menyumbangkan koleksi mainannya kepada Yayasan Dunia Damai. Rudi Corens menginginkan koleksi di Museum Kolong Tangga bisa menjadi gambaran permanen tentang kehidupan anak sehari-hari di masa lampau. Koleksi Museum Kolong Tangga tidak hanya tentang mainan dan permainan tempo dulu, tetapi juga segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia anak. Saat ini Musuem Kolong Tangga ini memiliki lebih dari 16.000 koleksi, terdiri dari mainan, permainan, buku cerita, poster, gambar, dll dari berbagai Indonesia dan berbagai negera di dunia. Karena keterbatasan ruang pamer museum, saat ini hanya 300-500 koleksi yang dapat dipamerkan, namun Tim Kurator melakukan rotasi koleksi musuem setiap dua tahun sekali yang disesuaikan dengan tema pameran. Museum ini juga memiliki aktiftas seperti Guiding, Workshop, Pameran Tahunan, Majalah Kelereng, dan lain-lain.