Museum Bahari Jakarta

Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara
(Average 0 of 0 Ratings)

Pada zaman kependudukan Belanda, Museum Bahari merupakan gudang tempat penyimpanan rempah-rempah yang akan dijual lagi ke negara-negara Eropa oleh VOC. Kini, museum ini menyimpan sejarah panjang mengenai kebaharian Indonesia yang juga dikenal sebagai Negara Maritim.

Museum Bahari Jakarta

Museum Bahari merupakan museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kelautan sesuai dengan julukan Indonesia sebagai negara maritim. Pada zaman kependudukan Belanda, museum ini merupakan gudang 3 lantai yang dibangun oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda pada tahun 1652 dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasi bumi, seperti kopi, teh, tembaga, timah, tekstil, dan yang paling utama, rempah-rempah sebagai komoditi utama VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) atau Perusahaan Hindia Timur Belanda yang sangat laris di pasar Eropa.

Gudang ini memiliki dua sisi. Sisi barat dikenal dengan nama Westzijdsche Pakhuizen atau Gudang Barat. Sedangkan pada sisi timur disebut Oostzijdsche Pakhuizen atau Gudang Timur. Gudang barat yang terdiri dari 4 bangunan, 3 diantaranya kini sebagai Museum Bahari. Saat Jepang berkuasa, bangunan ini digunakan sebagai tempat penyimpanan logistik peralatan militer tentara Dai Nippon. Dan pada tahun 1976, bangunan ini dipugar untuk menjadi cagar budaya dan diresmikan oleh Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 7 Juli 1977 sebagai Museum Bahari.

Disini kalian akan melihat berbagai macam jenis perahu tradisional dan kapal VOC. Dapat pula dijumpai berbagai miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Museum ini menyimpan 126 koleksi benda sejarah kelautan, terutama perahu niaga tradisional hingga kapal VOC. Total terdapat 19 buah perahu asli dan 107 buah perahu miniatur. Seperti, perahu Lancang Kuning dari Riau, perahu Phinisi Bugis (Sulawesi Selatan), dan Jukung Karere dari Irian yang panjangnya mencapai 11 meter. Terdapat juga alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar, dan meriam yang digunakan pelaut di masa lalu.

Museum yang beralamat di Jalan Pasar Ikan No. 1, Sunda Kelapa, Jakarta Utara ini juga memiliki koleksi biota laut, data-data jenis dan persebaran ikan di Indonesia, koleksi kartografi (pembuatan peta atau globe), dan maket pulau Onrust, sebuah pulau di Kepulauan Seribu yang dulunya sering dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum mereka tiba di Batavia dan pulau ini menyimpan peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda.

Yuk, kenali sejarah dan jejak Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia bersama wisatasekolah.com!

 

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Bahari Jakarta

Our Recommendations

Map of Museum Bahari Jakarta

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories