Museum Bank Indonesia

Pinangsia, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-imgplace-img

Museum identik dengan bangunan kuno yang hanya menampilkan benda-benda bersejarah. Di museum ini kalian akan mengetahui mengenai sejarah Bank Indonesia dengan penyajian yang modern. Tidak heran Museum Bank Indonesia berhasil menjadi Traveler’s Choice 2015 di situs Trip Advisor.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia dibangun pada tahun 1828 dan terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat. Sebelumnya, bangunan ini merupakan Binnen Hospital yang kemudian berganti fungsi menjadi De Javasche Bank. Setelah kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1953, bank ini dinasionalisasikan menjadi Bank Indonesia. Pada tahun 1962, Bank Indonesia pindah dan menempati gedung baru. Namun, dewan gubernur BI melestarikan gedung bersejarah ini dan diresmikan menjadi museum oleh Gubernur BI Burhanuddin Abdullah pada tanggal 15 Desember 2006.

Gedung ini terdiri dari dua lantai. Untuk pameran koleksinya, berada di lantai dua. Diatas pintu masuk Museum BI terdapat kaca patri mozaik hasil karya seniman Belanda bernama Ian Sihouten Frisenhouf dengan total 1509 panel kaca patri. Museum ini memiliki berbagai ruangan sesuai dengan fungsi, antara lain ruang teater, ruang pengantar sejarah (pra BI), ruang pameran tetap sejarah BI, ruang emas moneter, dan ruang numismatik yang memberi informasi mengenai sejarah alat tukar menukar yang ada di Indonesia. Museum ini pun dihadirkan dengan lebih memberi kesan futuristik dan modern. Penyajian informasi dikemas dengan memanfaatkan teknologi modern dan multimedia seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama.

Di ruang galeri, pengunjung akan diajak untuk mengenal mata uang Indonesia melalui teknologi hologram. Di ruang berikutnya, pengunjung bisa melihat bagaimana rempah-rempah Indonesia menjadi incaran pedagang Eropa. Semua penjelajah Eropa dan Asia yang pernah berkunjung ke Indonesia akan ditampilkan, beberapa diantaranya:

  • Marco Polo yang mendapat tugas dari Kubilai Khan dan mengambil rute menuju Mongolia ke Persia melewati Nusantara pada tahun 1290.
  • Laksamana Cheng Ho, pelaut kepercayaan Kaisar Ming dari Tiongkok yang sempat singgah ke Nusantara pada abad ke-15 dengan tujuan perjalanan menyebarkan agama Islam
  •  Juan Sebastian Del Cano, pelaut dari Spanyol dan sempat singgah di pulau Maluku pada tahun 1522.
  • Alfonso d’Albuquerque, seorang pelaut dari Portugis yang membuat Nusantara dikenal luas oleh Eropa karena rempah-rempahnya.
  • Cornelis De Houtmen tokoh yang membuka jalan penjajahan Belanda di Nusantara dimana VOC diberikan hak memonopoli perdagangan oleh parlemen Belanda pada tahun 1602 dan bermarkas di Batavia.

Museum Bank Indonesia mampu mempresentasikan berbagai informasi dengan cara yang tidak membosankan dan variatif. Berbeda dengan museum pada umumnya. Segera kunjungi museum ini bersama wisatasekolah.com!

Our Technological services has been improved

Hubungi Trip Specialist kami atau Click untuk memesan Paket Wisata Edukasi ini.
Get Quote

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Bank Indonesia

Our Recommendations

Map of Museum Bank Indonesia

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories