Museum Etnobotani

Paledang, Bogor, Jawa Barat
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-img

Apa sih etnobotani? Apa saja ya isi Museum Etnobotani? Etnobotani, berasal dari dua suku kata, etno dan botani. Yang dapat diartikan suatu cabang ilmu tumbuh-tumbuhan yang khusus meneliti mengenai hubungan antara kehidupan suku-suku asli dengan berbagai tetumbuhan di sekitarnya. Rumit? Untuk lebih jelasnya, yuk baca ulasan berikut!

Museum Etnobotani

Museum Etnobotani merupakan tempat penyimpanan berbagai artefak atau peninggalan materi yang berasal dari alam (tumbuhan) dan perannya dalam kehidupan suku-suku bangsa asli di Indonesia. Istilah etnobotani pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli antropologi Amerika bernama John William Harsberger pada tahun 1895. Dari aspek botani, etnobotani dapat memberi bantuan dalam penentuan asal mula suatu tumbuhan, penyebarannya, penggalian potensi tumbuhan sebagai sumber kebutuhan hidup, makna dan arti tumbuhan dalam kebudayaan, serta tanggapan masyarakat setempat terhadap suatu jenis tumbuhan.

Gagasan pendirian Museum Etnobotani Indonesia awalnya dicetuskan oleh Prof. Sarwono Prawirohardjo yang ketika itu menjabat sebagai ketua LIPI. Tetapi, gagasan tersebut kembali dikemukakan ketika Dr. Setijati Sastrapradja selaku Direktur LBN pada tahun 1973. Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya museum ini diresmikan pada tanggal 18 Mei oleh Menristek Prof. Dr.Ing. B. J. Habibie.

Museum edukasi ini menyimpan sekitar 2000 artefak yang berasal dari berbagai daerah dan kepulauan di Indonesia. Koleksinya meliputi barang-barang untuk keperluan rumah tangga, mainan anak, pakaian tradisional, peralatan pertanian, perikanan, alat musik, dan lain-lain, yang kesemuanya terbuat dari bagian-bagian tanaman lokal. Kita dapat menjumpai berbagai tanaman yang sering dipergunakan dalam membuat jamu tradisional seperti kencur, beras, kunir, asam, jahe, biji kedawung, lempuyang, adas, pulosari, laos, sinom, sambiloto, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, terdapat pula berbagai kerajinan tangan tradisional seperti topi, keranjang, tikar, dan perlengkapan sehari-hari lainnya yang terbuat dari bagian-bagian pohon palem. Disini juga terdapat berbagai peralatan tradisional untuk nelayan dan petani pada jaman dulu.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Etnobotani

Our Recommendations

Map of Museum Etnobotani

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories