Museum Keprajuritan Indonesia

TMII, Ceger, Jakarta Timur
(Average 0 of 0 Ratings)

Museum Keprajuritan Indonesia mengisahkan kembali kisah-kisah kepahlawanan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang berjuang mengusir penjajah hingga titik darah penghabisan. Disini kalian bisa melihat patung perunggu para pahlawan mulai dari Gajah Mada hingga Cut Nyak Dien.

Museum Keprajuritan Indonesia

Museum Keprajuritan Indonesia memiliki misi melestarikan bukti dan rekaman sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejak abad ke-7 sampai dengan abad ke-19. Museum ini memiliki bangunan yang unik. Dengan bangunan klasik abad ke-16 berbentuk benteng segi lima dengan meriam pertahanan di bagian atas benteng dan memiliki 5 menara pengintai di setiap sudutnya. Benteng ini juga dikelilingi perairan seperti parit pelindungan. Bentuk benteng menggambarkan bagaimana bangsa Indonesia mempertahankan negara. Sedangkan adanya perairan menggambarkan Indonesia yang merupakan negara kepulauan. 5 menara pengawas merupakan penggambaran dari 5 sila Pancasila sebagai dasar atau falssafah hidup bangsa Indonesia. Di dekat pintu masuknya terdapat 2 kapal tradisional Indonesia, yaitu kapal Banten dan kapal Pinisi Bugis dari Sulawesi Selatan. Keberadaan kapal ini melambangkan kekuatan maritim negara Indonesia yang terbentang dari barat ke timur.

Museum Keprajuritan diresmikan oleh Presiden RI Soeharto pada tanggal 5 Juli 1987 dan memiliki luas bangunan sekitar 7.545 meter dengan lahan seluas 4,5 hektar. Di dalam museum, kita bisa melihat 23 patung pahlawan yang terbuat dari perunggu yang berukuran 1 1/4 kali besar manusia, seperti Mahapatih Gajah Mada, Cut Nyak Dien, Dipenogoro, dan Pattimura, ada juga 14 diorama yang menggambarkan perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah, dan relief yang berisi 19 kisah perjuangan bangsa Indonesia. Diantaranya terdapat relief Raden Wijaya saat mengusir tentara Mongolia pada tahun 1292, relief pertempuran di Benteng Sao Paolo Maluku tahun 1575, dan relief pertempuran pada tahun 1628 ketika tentara Sultan Agung menyerbu kota Batavia dengan tujuan mengusir VOC yang ingin membuka wilayah dagang di pulau Jawa. Tidak hanya diorama, relief, dan patung pahlawan, terdapat pula tiruan senjata, pakaian perang, dan alat peraga berupa boneka yang memakai busana prajurit tradisional.

Untuk menemukan museum ini tidak susah. Berada di komplek Taman Mini Indonesia Indah, letaknya bersebelahan dengan Museum Transportasi di sisi timurnya, Museum Serangga dan Museum Pusaka di sisi sebelah barat, dan Anjungan Jawa Timur di sisi utara. Untuk lebih mudahnya lagi, langsung saja hubungi wisatasekolah.com agar perjalanan field trip dijamin menyenangkan dan tidak membuat Anda repot.

 

 

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Keprajuritan Indonesia

Our Recommendations

Map of Museum Keprajuritan Indonesia

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories