Map of Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Dont hesitate to call us.
or CLICK to request.

081910831792support_img

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Paledang, Bogor, Jawa Barat
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-img

Museum ini mungkin menjadi satu-satunya tempat yang bisa menyatukan enam Presiden Indonesia dalam satu lokasi. Keenam presiden terdahulu Indonesia yang sejatinya terpisah ruang dan waktu kompak disatukan dan disandingkan seatap dalam museum ini. Baca lebih lanjut mengenai museum unik ini, yuk!

No Hotels Found.

Choose hotels from back-end to show in this section.

No Destinations Found.

Choose destinations from back-end to show in this section.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti digagas oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pembangunannya dimulai pada 2012 dan selesai pada Agustus 2014. Setelah itu dilakukan penataan pameran dengan melibatkan sejumlah pihak, termasuk masyarakat.

Museum Kepresidenan Republik Indonesia ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada para presiden Indonesia.

Kirti sendiri berasal dari bahasa Sanskerta dan Jawa Kuno, artinya amal utama atau tindakan yang membawa kemashuran. Dengan demikian Balai Kirti diartikan bangunan yang menampung berbagai benda bersejarah peninggalan perjalananan kepemimpinan para Presiden RI. Museum Kepresidenan didirikan di atas lahan seluas 3.211,6 meter persegi.

Museum memiliki tiga lantai yang terdiri atas tiga bagian. Lantai pertama adalah Galeri Kebangsaan, disajikan mengenai sejarah bangsa seperti naskah proklamasi, lambang negara, Pancasila, UUD 1945, sumpah pemuda, dan peta digital yang menggambarkan wilayah NKRI. Selain itu ada patung enam Presiden RI dan ruang audio-visual.

Lantai kedua adalah Galeri Kepresidenan, disajikan berbagai peristiwa, prestasi, dan sosok enam presiden yang pernah memimpin RI, yaitu Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono. Benda-benda koleksinya terdiri atas foto, buku, lukisan, benda seni, catatan-catatan, dan peralatan pribadi presiden. Pada setiap ruangan dilengkapi audio visual dalam bahasa Indonesia.

Masih di lantai kedua terdapat Perpustakaan Kepresidenan dan Ruang Baca Presdien. Saat ini tempat tersebut belum boleh dikunjungi. Ada koleksi-koleksi buku pilihan di tempat ini. Di lantai 2 terdapat ruang pameran presiden-presiden RI, dari mulai Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, Presiden B.J. Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tiap ruang pamer presiden akan terdiri dari beberapa materi pamer sebagai berikut: Potret presiden berukuran besar, quote presiden, memorabilia atau replika koleksi pribadi presiden, display foto-foto presiden dalam tugas negara dan kegiatan keseharian, corner multimedia untuk informasi kebijakan-kebijakan yang dilakukan pada masa kepresidenan, dan koleksi memorabilia presiden terkait dengan pelaksanaan tugas memimpin negara.

Lantai ketiga adalah taman terbuka yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai setelah berkeliling museum. Taman ini sebagai penutup tur di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti ini.

 

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Our Recommendations