Museum Listrik dan Energi Baru

Ceger, Jakarta Timur
(Average 0 of 0 Ratings)

Bagaimana cara PLN mengetahui berapa watt listrik yang kita gunakan tiap bulannya? Atau bagaimana tenaga angin dan matahari dapat berubah menjadi tenaga listrik? Museum Listrik dan Energi Baru akan menjawab setiap pertanyaan kalian mengenai energi yang ada di muka bumi ini. Disini kalian juga bisa melihat Kompor Tenaga Surya yang selain untuk memasak juga bisa digunakan sebagai antena. Makin penasaran? Baca lebih lanjut ya!

Museum Listrik dan Energi Baru

Museum Listrik dan Energi Baru dibangun diatas lahan seluas 2 hektar dan diresmikan Presiden Soeharto pada 20 April 1995. Museum ini digagas oleh Ginanjar Kartasasmita selaku Menteri Pertambangan dan Energi bersamaan dengan peringatan 100 tahun ketenagalistrikan di Indonesia dan ulang tahun ke-30 OPEC (Organization Petroleum Exporting Countries).

Bangunan museum ini dibuat menyerupai struktur atom, dengan Anjungan Listrik sebagai proton yang dikelilingi tiga bangunan lain sebagai elektron, yaitu Anjungan Energi Baru, Anjungan Energi Fosil, dan Anjungan Energi Konvensional. Terdapat 619 alat peraga yang ditampilkan di Museum Listrik dan Energi Baru. Diantaranya, ada diorama Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), Simulasi Konsumsi Listrik di Rumah Tangga dimana pengunjung dapat belajar membaca jumlah watt yang digunakan, Plasma Ball yang menunjukkan bahwa tubuh manusia sebenarnya mengandung energi listrik, konversi energi listrik menjadi panas, Harpa Ajaib dimana pengunjung bisa memainkan harpa dengan dawai sinar inframerah, permainan magnet, dan game tentang energi dan kelistrikan, serta masih banyak lagi lainnya.

Pada area outdoor, kita akan menjumpai diantaranya, Kompor Tenaga Surya Serba Guna yang dapat digunakan untuk memasak sekaligus sebagai antena parabola yang dapat menerima hingga 150 saluran televisi, Rumah Energi Baru yang bisa mengubah energi matahari dan angin menjadi listrik dan Mobil Tenaga Surya. Sedangkan di Anjungan Energi Baru kita dapat mempelajari upaya manusia dalam mencari energi listrik baru.

Museum ini dibangun dengan konsep rekreatif, edukatif, dan inovatif. Penyampaian materi mengenai energi listrik disajikan dengan cara yang menyenangkan dan tidak monoton. Sama menyenangkan dan dijamin tidak ribet bila ke museum ini bersama wisatasekolah.com sih. Jangan lupa langsung tanya Trip Specialist kami ya!

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Listrik dan Energi Baru

Our Recommendations

Map of Museum Listrik dan Energi Baru

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories