Museum Manggala Wanabakti

Gelora, Kota Jakarta Pusat
(Average 0 of 0 Ratings)

Museum Manggala Wanabakti merupakan satu-satunya museum kehutanan yang ada di Jakarta. Jangan kaget saat memasuki museum karena kalian akan disambut oleh pohon Jati berusia 139 tahun dan..dapat berbicara! Penasaran? Baca lebih lanjut, ya!

Museum Manggala Wanabakti

Museum Manggala Wanabakti merupakan museum yang memungkinkan pengunjungnya untuk mengeksplorasi hutan-hutan di Indonesia. Museum dengan dua lantai ini memiliki luas 1.466 meter persegi dan memamerkan berbagai jenis kayu yang ada di hutan Indonesia. Jumlah koleksi artefak mengenai sejarah hutan Indonesia mencapai 883. Dipamerkan baik di luar ataupun di dalam museum. Uniknya, museum ini memiliki museum mini bernama Museum Rimbawan Pejuang yang berisi foto-foto para veteran pejuang serta piagam penghargaan milik para pejuang tersebut.

Di lantai pertama berisi pameran tetap beberapa artefak kehutanan, alat-alat eksploitasi kehutanan dari yang tradisional hingga yang modern, foto-foto dan lukisan angkutan kayu zaman dulu, serta alat ukur untuk membuat peta kehutanan, dan interpretasi potret udara. Sedangkan pada lantai dua terdapat penjelasan mengenai berbagai jenis dan tipe hutan yang ada di Indonesia.

Serunya lagi, disini kita akan ‘berkenalan’ dengan berbagai jenis kayu seperti kayu jati, kayu meranti, kayu kampar, dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai jenis produk yang dihasilkan dari kulit, getah, bunga, dan daun juga tersaji lengkap. Produknya mulai dari kapur barus, kertas, bahan pelitur, hingga minyak cendana dan kayu manis ada disini. Tidak hanya itu, Museum Kehutanan Manggala Wanabakti ini juga memiliki pohon jati berusia 139 tahun yang akan menyambut para pengunjung. Pohon yang tingginya hampir mencapai atap gedung tersebut juga akan menceritakan mengenai dirinya. Wah bagaimana bisa ya? Ternyata suara tersebut berasal dari rekaman yang berada tidak jauh dari pohon tersebut. Secara keseluruhan, selain menceritakan sejarah kehutanan Indonesia, museum ini juga mengajak pengunjungnya untuk menjaga dan melestarikan hutan yang memiliki banyak sekali manfaatnya di kehidupan manusia.

Yuk ke Museum Manggala Wanabakti bersama wisatasekolah.com dan rasakan keseruannya field trip bareng kami!

Our Technological services has been improved

Hubungi Trip Specialist kami atau Click untuk memesan Paket Wisata Edukasi ini.
Get Quote

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Manggala Wanabakti

Our Recommendations

Map of Museum Manggala Wanabakti

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories