Map of Museum Mobil Sentul

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Dont hesitate to call us.
or CLICK to request.

081910831792support_img

Museum Mobil Sentul

Sirkuit Sentul Km, Cijayanti, Bogor, Jawa Barat
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
place-img

Bagi kamu pecinta otomotif, jangan lewatkan mengunjungi museum satu ini. Museum Mobil Sentul memiliki berbagai macam koleksi otomotif yang unik dan langka mulai dari koleksi gubernur hingga wakil presiden. Yuk, baca ulasan berikut untuk mengetahui apa saja yang ada di museum ini!

Museum Mobil Sentul

Museum Mobil Sentul yang beralamat di Sirkuit Sentul KM 42 ini memiliki berbagai jenis koleksi baik mobil ataupun motor unik, antik serta langka. Museum ini resmi dibuka mulai tanggal 20 Agustus 2000, sudah 17 tahun beroperasi. Penggagas berdirinya museum ini adalah Gunawan Chandra dan Tinton Soeprapto. Tujuan awal dibangun lokasi ini bukan hanya sekedar museum mobil semata melainkan museum mobil yang sarat akan cerita bersejarah di dalamnya. Di dalam museum ini terdapat salah satu mobil unik yang bersejarah yaitu mobil bekas milik Dewi Soekarno yang merupakan Chrysler Imperial Crown Le Baron keluaran tahun 1962. Mobil sedan dengan empat pintu ini memiliki mesin V8 ini ternyata sudah mengadopsi transmisi Automatic Torquefielte A-727. Tenaga yang dihasilkan saat itu diklaim mencapai 340 dk. Terdapat pula fitur-fitur lain yang cukup memadai, mulai dari power steering, power window, AC serta sebuah head unit.

Selain mobil milik Dewi Soekarno terdapat pula mobil milik Gubernur DKI yang paling tersohor yaitu mobil milik Ali Sadikin. Koleksi milik Bapak Ali Sadikin ini berupa mobil Chrysler New York tahun 1962. Selain itu juga ada mobil milik mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Tri Sutrisno yaitu mobil sedan Volvo berbelut warna biru dongker tahun 1988.

Di museum ini terdapat banyak mobil-mobil legendaris yang cukup ternama pada masanya, seperti Dodge Fargo lansiran tahun 1956, Buick Roadmaster serta sedan tahun 1954, Chevrolet Bel-Air 1957, namun rekor tertua mobil yang di milik museum ini adalah Austin Seven Tourer buatan Inggris yang dirilis pada tahu 1933.

Museum Mobil Sentul ini juga terdapat mobil antik yang menjadi masterpiece yaitu jenis mobil Packard Super 8 yang diproduksi pada tahun 1948 dengan mesin berkapasitas 5.833 cc 8 silinder. Walaupun mobil jenis kurang dikenal masyarakat, merk Packard ini dulunya merupakan mobil yang cukup terkemuka di Amerika Serikat. Mobil dengan desain keindahan dan memiliki daya tahan tinggi ini tidak diperuntukan serta tidak dipakai oleh kalangan umum pada masa itu. Mobil ini menjadi koleksi pribadi milik pendiri museum untuk dipajang bagi pengunjung yang tertarik untuk melihatnya. Mobil ini kini memiliki kisaran harga sekitar Rp 2 miliar.

Museum Mobil Sentul ini akan terus berupaya untuk menambah koleksinya bahkan museum ini mengundang para kolektor mobil atau motor antik dan klasik untuk menitipkan mobil atau motornya di museum ini. Perlu diketahui bagi para pengunjung, berbagai jenis mobil dan motor di museum ini semuanya masih dalam kondisi layak jalan. Koleksi mobil di museum ini masih dalam keadaan baik bahkan setiap beberapa bulan sekali mobil-mobil ini dilakukan service, seperti penggantian oli.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Mobil Sentul

Our Recommendations