Museum Monumen Yogya Kembali

Sariharjo, Sleman, Yogyakarta
(Average 0 of 0 Ratings)

Nama ‘Yogya Kembali’ dipilih sebagai peringatan dari peristiwa sejarah ditariknya tentara Belanda dari ibukota RI waktu itu, Yogyakarta. Apa saja ya yang dapat kita temui disana?

Museum Monumen Yogya Kembali

Museum Monumen Yogya Kembali merupakan monumen yang menjadi saksi perjuangan Indonesia merebut kemerdekaannya. Monumen ini dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII yang melakukan peletakan batu pertama. Monumen yang dibangun diatas lahan seluas 5,6 hektar ini memiliki 1000 koleksi diorama yang mengisahkan serangan umum 1 Maret 1949.

Pada halaman depan museum, kita dapat melihat replika peswat Guntai dan pesawat Cureng yang dipakai dalam perang perebutan Jogja. Masih di halaman museum, kita bisa melihat dinding yang dipenuhi 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III, serta puisi Karawang-Bekasi karya Chairil Anwar. Memasuki museum, di lantai 1, terdapat empat ruangan yang menyajikan benda-benda koleksi berupa replika, foto, dokumen, berbagai jenis senjata, dan masih banyak lagi benda-benda yang menggambarkan suasana perang dalam mempertahankan kemerdekaan tahun 1945-1949. Sedangkan pada lantai 2, terdapat 40 buah relief perjuangan fisik dan diplomasi perjuangan Indonesia sejak 17 Agustus 1945-28 Desember 1949.

Museum Monumen Yogya Kembali dibangun dengan memperhitungkan faktor penting. Titik pusat bangunan ini merupakan sebuah titik yang secara imajiner menghubungkan titik penting di Yogyakarta yaitu Kraton Yogya, Tugu Yogyakarta, Gunung Merapi, Parang Tritis, dan Panggung Krapyak.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Monumen Yogya Kembali

Our Recommendations

Map of Museum Monumen Yogya Kembali

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories