Museum Perangko Indonesia

Ceger, Jakarta Timur
(Average 0 of 0 Ratings)

Sebelum adanya sms, email, hingga chatting, tentu pada zaman dahulu orang-orang berkomunikasi dengan cara surat-menyurat. Museum Perangko ini akan menceritakan sejarah perkembangan komunikasi zaman lalu dan juga kalian akan berkesempatan untuk melihat secara langsung perangko yang harganya mencapai 20 miliar rupiah.

Museum Perangko Indonesia

Museum Perangko Indonesia digagas oleh Ibu Tien Soeharto untuk menyelenggarakan secara tetap pameran koleksi perangko. Bangunannya bergaya Bali  diatas lahan  seluas sekitar 9.590 meter. Museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 29 September 1983.

Di depan pintu masuk Museum Perangko Indonesia terdapat patung Hanoman yang dikenal dalam dunia pewayangan sebagai raja kera yang menjadi duta Rama untuk berkirim kabar kepada Shinta. Diatas patung Hanoman terdapat logo pos Indonesia. Di samping kiri dan kanan terdapat dua lukisan gaya Bali hasil karya pelukis Wayan Sutha. Lukisannya merupakan cuplikan cerita pewayangan versi Bali. Menggambarkan kisah pada masa sebelum ada kertas, kegiatan surat-menyurat dilakukan dengan daun rontal.

Museum yang terletak di dalam komplek Taman Mini Indonesia Indah ini memiliki 6 ruang pamer yang memiliki tema masing-masing:

  • Ruang Pamer 1

Menyajikan berbagai koleksi foto, bahan, dan alat yang digunakan untuk menulis surat pada daun rontal. Ada juga miniatur alat angkut surat tahun 1602-1864 dan replika Penny Black, perangko pertama di dunia yang diterbitkan tahun 1840. Disana kita juga dapat melihat foto Bapak Perangko Dunia, Sir Rowland Hill, pencetus gagasan perangko sebagai tanda pelunasan biaya pengiriman surat. Dan juga, terdapat foto kantor pos pertama di Batavia yang didirikan oleh G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746.

  • Ruang Pamer 2

Menampilkan slide proses pembuatan perangko dan proses melukis hingga menjadi perangko.

  • Ruang Pamer 3

Kita dapat melihat sejumlah perangko yang terbit pada masa kependudukan Belanda, Jepang, dan masa perang kemerdekaan mulai tahun 1864-1950.

  • Ruang Pamer 4

Menyajikan perangko yang diterbitkan sejak tahun 1950 dengan lima masa penerbitan; 1950-1959, 1959-1966,1966-1973, 1973-1983, dan 1983-1993.

  • Ruang Pamer 5

Perangko yang dipamerkan disini bertemakan sosial, pariwisata, taru dan satwa, lingkungan hidup, dan kemanusiaan.

  • Ruang Pamer 6

Disini kita dapat melihat sejumlah perangko bertema tematik, khususnya kepramukaan dan olahraga. Dapat dijumpai juga salah satu perangko termahal di dunia, perangko pada zaman Hindia Belanda pertama pada tahun 1864 yang berstempel “Ngawi, Jawa Timur” dengan nominal 10 sen yang kini dihargai mencapai 20 miliar rupiah.

Di serambi museum, terdapat sepeda pos antik merek Falter buatan Jerman Barat tahun 1950. Populasi sepeda yang lazim digunakan oleh para tukang pos di negara-negara Eropa dan Indonesia ini tidak banyak, hanya kurang dari 100 buah di Indonesia. Dan kini, banyak diburu kolektor.

Untuk lebih tahu mengenai museum ini, langsung saja hubungi Trip Specialist kami yang siap melayani rencana perjalanan field trip Anda!

Our Technological services has been improved

Hubungi Trip Specialist kami atau Click untuk memesan Paket Wisata Edukasi ini.
Get Quote

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Perangko Indonesia

Our Recommendations

Map of Museum Perangko Indonesia

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories