Museum Polri Jakarta

Selong, Jakarta Selatan
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-img

Di Museum POLRI ini kita akan diajak untuk mengetahui mengenai sejarahnya. Tidak hanya itu, kita juga akan tahu peralatan apa saja yang digunakan polisi untuk memecahkan kasus, mencegah teror, atau mendeteksi uang palsu.

Museum POLRI

Museum POLRI beralamat di Jalan Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Museum ini memang masih tergolong baru. Diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 1 Juli 2009, tanggal yang sama dengan hari ulang tahun POLRI. Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) merupakan nama resmi yang digunakan setelah kesatuan ini terpisah dari angkatan bersenjata atau Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada tahun 2000.

Di museum ini, kita dapat mengikuti jejak-jejak sejarah POLRI.  Mulai dari zaman kemerdekaan, bergabung hingga berpisah dengan Angkatan Bersenjatan Republik Indonesia (ABRI), dan menjadi POLRI. Ide pembangunan museum dicetuskan oleh Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dengan tujuan melestarikan nilai-nilai sejarah POLRI dan pewarisannya ke generasi mendatang.

Di depan museum, terdapat monumen Bapak Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang diresmikan oleh Presiden RI ke-4, K.H. Abdurrahman Wahid pada 14 Februari 2001. Diatas nama museum, terdapat lambang POLRI berwarna keemasan dengan tiga bintang lambang Tri Brata yang menjadi pedoman hidup POLRI.

Museum POLRI terdiri atas tiga lantai. Di lantai dasar, terdpat kendaraan roda dua yang pernah dipakai oleh polisi. Ada kereta angin (sepeda onthel), sepeda motor, dan sepeda motor patroli polisi tandem yang lazim digunakan selama masa pendudukan Belanda dan selama masa revolusi kemerdekaan di akhir tahun 40-an. Sedangkan di lantai satu museum, terdapat koleksi persenjataan dan peralatan polisi. Diantaranya senjata mesin berat model HMG /SG buatan Uni Soviet keluaran 1946 dan roket SPG 82 buatan Uni Soviet.  Senjata mesin berat ini digunakan Resimen II Brimob Jawa Barat selama perang Papua pada tahun 1963. Di lantai dua, ruangan terbagi menjadi Ruang Kesatuan (atribut dan seragam kesatuan), Ruang Simbol Kepolisian (tanda pangkat), Ruang Kepahlawanan berisi dokumen foto, Ruang Penegakan Hukum yang berisi alat-alat pendeteksi uang palsu dan narkotika, Ruang Laboratorium Forensik dan Identifikasi (sidik jari), serta Kid Corner untuk pengenalan sejak dini pada anak-anak mengenai tugas dan fungsi POLRI. Mereka juga akan diajari menjadi petugas polisi, penyidik (detektif), atau petugas patroli. Dan di lantai tiga terdapat perpustakaan, Ruang Pameran Temporer, dan Ruang Audio Visual.

Koleksi di Museum POLRI diatur rapi dan profesional. Bangunannya modern dan nyaman. Museum ini cocok menjadi tempat edukasi siswa mengenai sejarah dan tugas polisi sebagai aparat yang melayani dan menjaga ketertiban masyarakat. Tertarik? Langsung saja hubungi wisatasekolah.com untuk informasi field trip kesini.

 

 

 

Our Technological services has been improved

Hubungi Trip Specialist kami atau Click untuk memesan Paket Wisata Edukasi ini.
Get Quote

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Polri Jakarta

Our Recommendations

Map of Museum Polri Jakarta

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories