Museum Pulau Onrust

Kepulauan Seribu, Jakarta
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
place-img

Tahukah kamu? Terdapat museum di tengah-tengah laut di salah pulau di Kepulauan Seribu, loh. Museum ini merupakan satu-satunya bangunan yang ada di pulau. Bisa tebak nama pulau yang dulunya merupakan salah satu tempat persinggahan orang-orang yang akan pergi mengelilingi dunia ini?

Museum Pulau Onrust

Museum Pulau Onrust merupakan sebuah museum arkeologi yang menyimpan benda-benda bersejarah di jaman kependudukan Belanda di Indonesia. Museum Pulau Onrust merupakan satu-satunya rumah yang dulunya merupakan rumah dinas para dokter yang memeriksa kesehatan para jemaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Onrust sendiri memiliki makna yang sama dengan ‘Unrest’ yang berarti ‘Tidak Pernah Beristirahat’. Dulunya, pulau ini memang selalu sibuk karena merupakan pusat bongkar muat dan galangan kapal bagi kapal-kapal laut yang singgah di Sunda Kelapa. Karena ramai dan berpotensi besar, Belanda akhirnya memutuskan untuk membangun benteng di pulau Onrust sebagai benteng pertahanan mereka. Meski berkali-kali dihancurkan, Belanda tetap membangun kembali bentengnya.

Memasuki abad ke-20, pulau ini beralihfungsi sebagai sanatorium TBC serta tempat karantina haji. Pada jaman tersebut, sebelum menunaikan ibadah haji, para jemaah diharuskan dikarantina terlebih dahulu. Saat pulang dari Tanah Suci pun, jemaah haji akan dikarantina ulang. Alasannya, untuk kesehatan. Namun, hal tersebut merupakan kedok belaka dari Belanda yang khawatir jemaah yang pergi haji akan menjadi pemberontak.

Saat jaman kependudukan Jepang, Onrust menjadi penjara bagi para penjahat kelas berat. Hingga Belanda memakai kembali sebagai kamp tawanan setelah Indonesia merdeka. Dan digunakan juga untuk merawat penderita penyakit menular, juga sebagai tempat penampungan pengemis dan gelandangan.

Kini, setelah Pulau Onrust ditetapkan sebagai Suaka Taman Purbakala Kepulauan Seribu, kita dapat mengunjungi dan akan dijumpai reruntuhan bangunan-bangunan peninggalan jaman penjajahan Belanda. Kita juga dapat mengunjungi pulau pendukung lainnya seperti Pulau Cipir dan Pulau Kelor yang letaknya tak berjauhan.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Pulau Onrust

Our Recommendations