Map of Museum Purbakala Sangiran

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Dont hesitate to call us.
or CLICK to request.

081910831792support_img

Museum Purbakala Sangiran

Krikilan, Karanganyar, Jawa Tengah
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-img

Jika kamu tertarik ingin menjadi ahli antropologi, kamu harus mengunjungi museum satu ini. Namanya Museum Purbakala Sangiran. Museum ini menyimpan berbagai koleksi fosil terlengkap di Asia maupun di dunia. Penasaran kan?

No Hotels Found.

Choose hotels from back-end to show in this section.

No Destinations Found.

Choose destinations from back-end to show in this section.

Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran adalah museum arkeologi yang terletak di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Di museum dan situs Sangiran ini kita dapat memperoleh informasi lengkap tentang pola kehidupan manusia purba di Jawa yang menyumbang perkembangan ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoanthropologi.

Di lokasi situs Sangiran ini pula, untuk pertama kalinya ditemukan fosil rahang bawah Pithecanthropus erectus (salah satu spesies dalam taxon Homo erectus) oleh arkeolog Jerman, Professor Von Koenigswald, seorang ahli paleoantropologi dari Jerman yang bekerja pada pemerintah Belanda di Bandung pada tahun 1930-an. Beliau merupakan orang yang telah berjasa melatih masyarakat Sangiran untuk mengenali fosil dan cara yang benar untuk memperlakukan fosil yang ditemukan. Hasil penelitian kemudian dikumpulkan di rumah Kepala Desa Krikilan, Bapak Totomarsono, sampai tahun 1975. Pada waktu itu banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat tersebut, maka munculah ide untuk membangun sebuah museum. Pada awalnya Museum Sangiran dibangun di atas tanah seluas 1.000 meter persegi yang terletak di samping Balai Desa Krikilan.

Museum Purbakala Sangiran direnovasi pada 1980 mengingat semakin banyaknya fosil yang ditemukan dan sekaligus untuk melayani kebutuhan para wisatawan akan tempat wisata yang nyaman. Bangunan tersebut seluas 16.675 meter persegi dengan ruangan museum seluas 750 meter persegi ini menyimpan sekitar 13.809 koleksi fosil manusia purba. Selain itu, terdapat pula fosil hewan bertulang belakang, fosil binatang air, batuan, fosil tumbuhan laut, alat-alat batu, dan beberapa jenis hewan seperti badak, sapi, rusa, banteng, dan kerbau.

Sejak tahun 1977 situs Sangiran ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sebagai cagar budaya. Tahun 1996 Sangiran terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai World Heritage (No. 593, dokumen WHC-96/Conf.201/21).

Sejak ditetapkannya sebagai World Heritage UNESCO, Museum Purbakala Sangiran selain menyumbangkan informasi mengenai ilmu pengetahuan, Situs Sangiran merupakan situs purbakala yang paling lengkap di Asia bahkan di dunia.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Purbakala Sangiran

Our Recommendations