Map of Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Dont hesitate to call us.
or CLICK to request.

081910831792support_img

Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah

Jl. Raya Tmii, Lubang Buaya, Jakarta Timur
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-img

Tahukah kamu? Keris telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tanggal 25 September 2005. Agar tetap terjaga kelestariannya, yuk, kita berkunjung ke Museum Pusaka di Taman Mini Indonesia Indah! Disini kamu dapat melihat berbagai macam keris mulai dari jaman Majapahit, loh!

Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah

Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah menyimpan ribuan koleksi pusaka senjata tradisional dari seluruh wilayah Indonesia. Memiliki misi melestarikan, merawat, mengumpulkan, serta menginformasikan senjata tradisional kepada generasi penerus agar merasa bangga terhadap warisan bangsanya. Museum ini merupakan pusat edukasi dan studi tentang pusaka/senjata tradisional dari seluruh wilayah Indonesia.

Pada mulanya koleksi museum ini merupakan hibah dari Ibu Dra. Sri Lestari Masagung yang merupakan pendiri dari Museum Tosan Aji yang terletak di Jalan Kwitang No. 13 jakarta Pusat. Hibah tersebut diberikan kepada Ibu presiden ke-2 kita yaitu Ibu Tien Soeharto yang pada saat itu memangku jabatan sebagai ketua badan pengelola dan pengembangan Taman Mini Indonesia Indah. Museum Pusaka diresmikan pada tanggal 20 April 1993, bertepatan dengan ulang tahun TMII yang ke-18.

Meski sebagian besar koleksi berupa keris, menurut Purnomo, di museum ini kamu juga bisa menemukan berbagai benda pusaka lain, seperti badik, rencong, siwah, kujang, pedang, keris Bali, mandau, parang, sawahlaku, dan tombak. Kini, total koleksi benda pusaka museum ini berjumlah 5.749 dan diperkirakan akan terus bertambah. Kamu bisa melihat sejumlah pusaka yang pernah digunakan Wali Songo, seperti tombak dwisula milik Sunan Kalijaga dari tahun 1460, tombak seberat 166 gram dan panjang 40,5 cm milik Sunan Ampel dari tahun 1402, dan tombak Sunan Gunung Jati dengan panjang 35,6 cm dan berat 153 gram. Museum ini memiliki beberapa koleksi unggulan yang wajib dilihat pengunjung. Koleksi tertua mereka, misalnya, berasal dari abad ke-8, tepatnya zaman Hindu-Buddha. Koleksi tersebut berupa keris yang diberi nama Betok Budho dengan berat 250 gram dan panjang 26 cm, asal Klaten, Jawa Tengah. Bagi kamu yang penasaran dengan keris zaman Majapahit, bisa juga lho dilihat disini. Konon, keris abad ke-8 dengan berat 160 gram dan panjang 34 cm ini terbuat dari besi, baja, dan batu meteor. Disini ada pula pedang terpanjang yang pernah mendapatkan rekor MURI, dengan panjang 1,76 meter. Umumnya, pedang atau keris yang dibuat lebih panjang dari ukuran normal ini ditujukan untuk upacara adat.

Selain mengadakan pameran tiap bulannya, museum ini juga suka mengadakan acara Pekan Suro tiap tahunnya yaitu perayaan Tahun Baru Islam dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk memohon keikhlasan, ketentraman dan keselamatan bagi orang yang menyelenggarakannya, kegiatan ini menjadi tradisi seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyrakat Jawa. Adapun kegiatan tersebut diantaranya Kirab Pusaka, Ruwatan Masal, Pameran & Bursa Keris, Workshop Jamasan & Pembuatan Warangka, Diklat Jamasan, Sarasehan dan lain-lain.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah

Our Recommendations