Museum Satria Mandala

Kuningan Barat, Jakarta Selatan
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-imgplace-imgplace-img

Tanamkan jiwa patriotisme pada anak dengan mengajaknya mengunjungi Museum Satria Mandala. Museum ini mengajarkan sejarah perjuangan Indonesia setelah kemerdekaan. Juga, memperlihatkan senjata-senjata yang dipakai dari sebelum Indonesia merdeka hingga perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Yuk, intip lebih banyak mengenai museum perjuangan TNI ini!

Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ini diresmikan pada 5 Oktober 1972 oleh Presiden RI ke-2, Soeharto.  Dalam museum ini, terdapat berbagai koleksi persenjataan perang di darat, udara, dan laut di Indonesia dari masa lampau hingga modern. Mulai dari koleksi berbagai ranjau, rudal, hingga tank, helikopter dan pesawat terbang.

Di museum ini, kita dapat mengenal lebih dekat dengan 4 jenderal yang membentuk Republik Indonesia, yang masing-masing memiliki ruangan khusus sendiri. Yaitu; Letjen Oerip Soemohardjo, Panglima Besar Jenderal Soedirman, Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, dan Jenderal Besar H. M. Soeharto.

Selain foto-foto dokumentasi, terdapat pula barang-barang pribadi milik Jenderal Soedirman seperti jaket, seragam, dan tandu yang digunakan beliau saat sakit parah namun tetap memimpin perang selama 8 bulan antara tahun 1948-1949.  Tak hanya ruang 4 jenderal, terdapat juga ruang diorama yang menampilkan terjadinya proklamasi, pembentukan BKR (Badan Keamanan Rakyat) pada tanggal 23 Agustus 1945 , dan diorama Palagan Ambarawa. Total ada 74 diorama hasil karya Edhi Sunarso, pematung kelahiran Salatiga yang merupakan lulusan ASRI 1955. Beliau jugalah yang membuat diorama di Museum Pengkhianatan PKI Lubang Buaya dan Museum Sejarah Nasional Indonesia. Serta pembuat patung Dirgantara, patung Selamat Datang, dan patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng.

Kata ‘Satriamandala’ berasal dari bahasa Sansakerta yang berarti lingkungan keramat para ksatria. Dahulu, museum ini merupakan kediaman istri Presiden RI pertama, Soekarno, Ratna Sari Dewi Soekarno. Hingga akhirnya dipugar pada tanggal 15 November 1971. Perencanaan dan pelaksanaan pembangunannya dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Sejarah TNI pertama Brigjen TNI Nugroho Notosusanto.

Bangunan ini memiliki 2 lantai. Lantai utama sebagai tempat menyajikan diorama dan pada lantai bawah terdapat koleksi persenjataan dari masa ke masa. Mulai dari pistol, meriam, penangkis serangan udara, hingga bambu runcing pun dapat kita temui disini. Di luar gedung dipajang berbagai macam kendaraan militer seperti mobil jeep militer, truk pengangkut pasukan, tank, roket, dan pesawat tempur. Disini kita bisa melihat secara langsung tank Amfibi dan kendaraan pengangkut pasukan yang pernah digunakan korps marinir dalam Operasi Trikora dan penumpasan G30SPKI.

Museum Satria Mandala tepat sekali menjadi tujuan wisata untuk memperkenalkan sejarah perang kemerdekaan dan menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri anak-anak. Hubungi wisatasekolah.com untuk info lebih lanjut mengenai field trip ke Museum Satria Mandala!

Our Technological services has been improved

Hubungi Trip Specialist kami atau Click untuk memesan Paket Wisata Edukasi ini.
Get Quote

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Satria Mandala

Our Recommendations

Map of Museum Satria Mandala

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories