Museum Wayang Jakarta

Pinangsia, Jakarta Barat
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
place-img

Lokasi Museum Wayang yang berada tidak jauh dari Museum Fatahillah. Museum ini memiliki ribuan koleksi wayang yang ada di Indonesia. Kalian juga bisa menjumpai beragam koleksi boneka yang berasal dari Asia dan Eropa.

Museum Wayang Jakarta

Museum Wayang Jakarta menyimpan sekitar 4.000 koleksi wayang dari seluruh Indonesia dari berbagai jenis dan bentuk. Jenis wayang yang dipamerkan mulai dari wayang golek, wayang kulit, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber, dan gamelan. Disini kita dapat mempelajari cara pembuatan wayang dan melihat peragaan karawitan. Terdapat juga beberapa pagelaran seperti pagelaran Wayang Kulit Purwa, Wayang Golek Sunda, Wayang Orang Surakarta,Wayang Bali, Wayang Kulit Betawi, dan masih banyak lagi. Pagelaran ini dijadwalkan setiap Minggu di minggu ke-2 dan ke-3 setiap bulannya mulai jam 10.00-14.00.

Awalnya, museum ini merupakan gereja tua yang didirikan VOC pada tahun 1640 dengan nama De Oude Hollandsche Kerk atau Gereja Lama Belanda. Selain menjadi tempat peribadatan penduduk sipil, gereja ini merupakan tempat tinggal bagi tentara Belanda yang tinggal di Batavia. Hingga pada tahun 1732, gereja dipugar dan berganti nama menjadi De Nieuwe Hollandsche Kerk atau Gereja Baru Belanda. Pada tahun 1808, bangunan ini hancur akibat gempa bumi. Selanjutnya, diatas tanah reruntuhan gereja, dibangun kembali sebuah gedung yang difungsikan sebagai gudang milik perusahaan Geo Wehry & Co. Kemudian, gedung ini dibeli oleh Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, sebuah lembaga independen yang bertujuan memajukan penelitian di bidang seni dan ilmu pengetahuan lainnya seperti, biologi, fisika, arkeologi, kesusastraan, etnologi, dan sejarah. Pada tahun 1937, lembaga tersebut menyerahkan gedung kepada Stichting oud Batavia, dan dijadikan museum dengan nama “de oude Bataviasche Museum” (Museum Batavia Lama) yang diresmikan 22 Desember 1939 oleh Gubernur Jendral Belanda yang terakhir, Jonkheer Meester Aldius Warmoldus Lambertus Tjarda van Starkenborg Stachouwer.

Tidak hanya yang berasal dari Indonesia saja. Disini terdapat pula boneka asal Eropa, Thailand, Suriname, India, Cina, Vietnam, Kolombia, dan Malaysia. Peresmian museum ini dilakukan oleh Gubernur Jakarta, Ali Sadikin, pada 13 Agustus 1975. Lokasi museum ini berada di Taman Fatahillah di Jalan Pintu Besar Utara 27, Jakarta Barat. Hanya berjarak sekitar beberapa meter saja dari Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta.

 

Our Technological services has been improved

Hubungi Trip Specialist kami atau Click untuk memesan Paket Wisata Edukasi ini.
Get Quote

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Museum Wayang Jakarta

Our Recommendations

Map of Museum Wayang Jakarta

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories