Planetarium dan Observatorium Jakarta

Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-img

Punya cita-cita sebagai astronot? Atau penasaran ada apa di luar angkasa? Perdalam ilmu tentang astronomi dengan mengunjungi Planetarium dan Observatorium Jakarta, yuk!

Planetarium dan Observatorium Jakarta

Planetarium dan Observatorium Jakarta berada di dalam komplek Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Planetarium di TIM ini merupakan wahana simulasi langit tertua di Indonesia. Planetarium dibangun dengan tujuan agar bangsa Indonesia lebih memahami pengetahuan tentang benda-benda langit dan berbagai fenomena yang terjadi di luar angkasa. Disini, pengunjung akan diajak ‘mengembara’ di jagat raya untuk memahami konsepsi alam semesta.

Atas gagasan Presiden Soekarno, Planetarium dan Observatorium Jakarta mulai dibangun oleh pemda Jakarta pada tahun 1964.Gedung ini diresmikan pada 10 November 1968 oleh Gubernur Jakarta, Ali Sadikin, bersamaan dengan diresmikannya Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Saat setelah diresmikan, belum ada pertunjukan di Planetarium yang dbuka untuk umum. Pertunjukan baru dibuka pada tanggal 1 Maret 1969 menggunakan proyektor Universal besutan Carl Zeiss, Jerman. Hingga kini, tiap tanggal 1 Maret dijadikan sebagai hari ulang tahun Planetarium Jakarta.

Pertunjukan disini berbeda dengan pertunjukan bioskop -penonton menyaksikan pertunjukan pada layar di depan. Planetarium menyajikan pertunjukan yang menggambarkan langit dan luar angkasa pada malam hari dengan menghadap atap kubah yang berbentuk setengah bola bergaris tengah 22 meter yang menjadi media visual. Begitu memasuki ruangan teater visual, sesaat ruangan menjadi gelap gulita. Kemudian, akan terdapat sensasi seperti naik roket dengan bintang yang berlarian. Tidak perlu khawatir leher pegal, karena kursi di teater ini dapat disandarkan hingga menjadi seperti tempat tidur. Terlebih narator menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak membuat bosan para penonton. Pertunjukan biasanya berdurasi kurang dari 60 menit.

Tidak hanya melihat pertunjukan di ruang teater. Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas teleskop yang disediakan untuk meneropong dan melihat langit secara langsung. Terdapat 2 kali jadwal peneropongan setiap bulannya. Yang lebih menyenangkannya lagi, fasilitas ini tidak dipungut biaya. Selain itu, terdapat juga ruang pameran yang berisi lukisan, foto, atau video pendek serta miniatur benda langit dan wahana antariksa. Bagi pengunjung yang ingin mengetahui astronomi lebih dalam, disini tersedia juga perpustakaan dan kelas untuk interaksi lebih aktif antara pengunjung dan staf dalam membahas pertanyaan seputar astronomi atau tempat pengadaan seminar dan penataran astronomi.

Nah, tunggu apa lagi? Kapan lagi ‘jalan-jalan’ ke luar angkasa? Segera hubungi Trip Specialist kami untuk informasi field trip ke Planetarium Jakarta!

 

 

 

 

Our Technological services has been improved

Hubungi Trip Specialist kami atau Click untuk memesan Paket Wisata Edukasi ini.
Get Quote

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Planetarium dan Observatorium Jakarta

Our Recommendations

Map of Planetarium dan Observatorium Jakarta

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OVERLAND PACKAGE

BEST OUTBOUND VENUE

BEST OUTBOUND VENUE

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Call us...
Or Click for a Quote.

+6281910831792support_img

Contact Us :

Head Office :

Bali View Point
Jl. Cirendeu Raya Kav.21
Tangerang Selatan - Indonesia

+62819 1083 1792 (Call/SMS/WA)




Chapter Jogja :

Griya Palem Hijau
Blok G20 Sleman
Yogyakarta - Indonesia

+62813 9271 5513 (Call/SMS/WA)

Product Categories