Pusat Penelitian Kopi dan Kakao

Nogosari, Jember, Jawa Timur
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-imgplace-img

Kebanyakan dari kita pasti menyukai cokelat, bukan? Cokelat merupakan hasil olahan untuk makanan dan minuman dari biji kakao. Pasti kalian penasaran kan seperti apa cara pengolahannya? Nah, tempat satu ini merupakan surganya cokelat nih. Cari tahu lebih lanjut, yuk!

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao atau Puslitkoka didirikan pada 1 Januari 1911. Puslitkoka merupakan salah satu lembaga penelitian yang berada di bawah naungan Lembaga Riset Perkebunan Indonesia – Asosiasi Penelitian Perkebunan Indonesia (LRPI – APPI). Lembaga ini memiliki tugas untuk melakukan penelitian aspek agribisnis untuk komoditas kopi dan kakao, mulai dari bahan tanam, budidaya, perlakuan pascapanen sampai dengan pengolahan produk.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao yang dulunya bernama Besoekisch Proefstation ini memiliki tugas dan fungsi utama, yaitu mendapatkan varietas/klon bibit unggul baru dari kopi dan kakao, melakukan kegiatan pelayanan kepada petani/pekebun kopi Indonesia, dan membina SDM serta eksositem industri terkait.

Berkunjung ke Puslitkoka, kita akan dikenalkan dengan tanaman kakao dan kopi yang jarang kita temui. Kita juga akan melihat proses pembenihan, penanaman, hingga menjadi buah. Selanjutnya, kita akan diperkenalkan dengan proses pemisahan kulit dan biji, proses fermentasi, hingga penghalusan biji kakao. Kemudian, kita juga dapat melihat tahapan selanjutnya hingga kakao menjadi cokelat yang sering kita konsumsi.

Selain pembahasan yang menarik, lokasi Puslitkoka yang sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan suhu berkisar dibawah 25 derajat celcius, berkeliling perkebunan pun tidak akan terasa letih.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Pusat Penelitian Kopi dan Kakao

Our Recommendations