Rumah Perubahan

Jatimurni, Kota Bekasi, Jawa Barat
(Average 0 of 0 Ratings)

Rumah satu ini bukan sembarang rumah. Rumah ini memiliki konsep alam dan pendidikan. Kegiatannya pun tidak jauh dari mengajarkan agar generasi muda lebih concern dengan alam. Penasaran kan?

Rumah Perubahan

Rumah Perubahan yang terletak di Jalan Raya Hankam, Jatimurni, Bekasi, ini memiliki sekolah atau training dan tempat konseling yang dilengkapi area outbond activity. Di sini dikembangkan pula hutan mini dengan koleksi 2.000-an tanaman langka, seperti bunga bangkai, Rambutan Binjai, Matoa, Jamblang, Zaitun, Rengas, Kemang, Bintaro, Rukem, Asem Jawa, Mandalika, Marcopolo, dan lainnya.

Di lahan seluas satu hektar ini Rumah Perubahan mengajarkan anak-anak ilmu yang tak akan mereka dapatkan dalam keseharian. Selain itu, melaui beragam kegiatan yang diselenggarakan Rumah Perubahan, anak-anak juga diajarkan mencintai lingkungan sejak dini. Tidak hanya sampai di situ, anak-anak juga diajarkan cara menanam tanaman organik, memanen bermacam-macam sayuran untuk kemudian dimasak.

Di Rumah Perubahan anak-anak akan disuguhkan berbagai kegiatan yang seru seperti membuat tempe, bermain Flash Ball, estafet air dengan gayung  bocor, memandikan kerbau, berinteraksi dengan sapi, dan mengetahui proses biogas, serta memanen kangkung.

Tidak hanya itu, mereka juga diperkenalkan berbagai macam buah yang langsung dipanen oleh anak-anak serta sejumlah fauna melalui serangkaian permainan.  Sedangkan untuk fauna, anak-anak dibiarkan untuk memanen ikan serta menangkap sendiri ikan lele yang dia mau. Ini jelas tantangan tersendiri bagi anak-anak, karena tak mudah untuk bisa menangkap lele yang bertubuh licin itu.

Saat ini Rumah Perubahan memiliki tiga program utama, yaitu pelatihan, budidaya, dan kebudayaan. Untuk pelatihan, misalnya, ada dua program, yaitu change dan entreprenuership. Program entrepreneurship memiliki cabang lagi, yaitu program menanam tanaman hias, ikan hias, sayur, bunga potong, anggrek, kaktus, dan ikan. Dengan beragam program itulah Rumah Perubahan terus menatap ke depan untuk sebuah generasi yang lebih peduli pada lingkungan.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Rumah Perubahan

Our Recommendations