Map of Rumah Tjong A Fie

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Dont hesitate to call us.
or CLICK to request.

081910831792support_img

Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie Mansion, Kesawan, Medan
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-imgplace-img

Ada sebuah rumah dengan bangunan megah khas Tiongkok yang menarik perhatian. Saat masuk, suasananya terasa sangat damai. Rumah Tjong A Fie namanya. Siapa sebenarnya Tjong A Fie? Yuk, baca ulasan berikut!

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie atau Tjong A Fie Mansion lokasinya berada di jantung Kota Medan tepat di pusat bisnis pertokoan yang dikenal dengan daerah Kesawan. Rumah di atas 6.000 meter persegi ini dibangun pada tahun 1900-an milik keturunan saudagar kaya bernama Tjong A Fie yang berasal dari tanah Tiongkok. Rumah ini bergaya art deco, Eropa dan Tiongkok, yang materialnya kebanyakan didatangkan dari Tiongkok dan Eropa. Bisa dibayangkan bagaimana kemegahan rumah ini pada zamannya. Rumah ini dibuka untuk umum pada 18 Juni 2009 untuk memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke-150.

Sebenarnya siapa Tjong A Fie hingga rumahnya kini dijadikan cagar budaya dan sejarah oleh pemerintah Indonesia? Tjong A Fie adalah seorang pengusaha, bankir dan kapitan yang berasal dari Tiongkok dan sukses membangun bisnis besar dalam bidang perkebunan di Sumatera. Tjong A Fie dikenal sangat berjasa dalam membangun kota Medan, terutama kawasan permukiman etnis Tionghoa. Sumbangan Tjong A Fie di Medan antara lain pembangunan Istana Maimun, pembangunan kuil Hindu warga India, Jembatan Kebajikan, Bank Deli, pelopor perkebunan dan Kereta Api Deli yang menghubungkan Medan dan Belawan, dan banyak lagi yang dapat menggerakkan perekonomian Medan masa itu. Karena sifat dermawan dan jasanya yang besar untuk kota Medan hingga kini warga Medan masih sangat menghormati peninggalan dan mengenang Tjong A Fie.

Rumah Tjong A Fie yang berusia lebih dari 1 abad ini, terdiri dari 2 lantai dan masih asli. Di lantai 1 saat memasuki rumah, kita dapat melihat ruang tamu yang didalamnya terdapat kursi tamu dan piano yang ditempatkan di sudut ruangan. Di area ini dapat dilihat perabotan rumah Tjong A Fie, seperti lantai marmer yang masih asli, lampu gantung, kursi dan meja antik, piano, hiasan dinding, dan lainnya. Di lantai 1 ini juga dapat dilihat tempat tidur, tongkat, perabot makan, galeri foto, tempat sembahyang leluhur, dan lainnya. Di sisi sebelah kanan rumah, terdapat tangga kayu yang masih asli untuk menuju ke lantai 2. Di lantai 2, dulunya digunakan tempat untuk menjamu tamu dan melakukan dansa. Yang mengharukan saat melihat foto duka cita warga Medan saat mengantarkan jenazah Tjong A Fie. Ribuan orang terlihat berada di jalan mengiringi jenazah beliau.

Mengunjungi Rumah Tjong A Fie mengajarkan bagaimana orang yang selalu menghormati dan menjaga keharmonisan serta perbedaan, hingga akhir hayatnya pun tetap dihormati sesama.