Situ Patenggang

Patengan, Bandung
(Average 0 of 0 Ratings)

Situ Patenggang di Ciwidey, Bandung ini tidak hanya tempat untuk bersantai. Tapi juga untuk memacu adrenali, loh. Penasaran kan?

No Hotels Found.

Choose hotels from back-end to show in this section.

No Destinations Found.

Choose destinations from back-end to show in this section.

Situ Patenggang

Situ Patenggang teletak di daerah Bandung selatan, berdekatan dengan kebun teh Ciwalini. Posisi Situ Patenggang sendiri terletak kurang lebih 5 km dari Kawah Putih, salah satu tempat wisata di Bandung yang sudah terkenal. Pada awalnya, danau (situ) ini adalah sebuah kawasan cagar alam, tetapi sejak tahun 1981 danau seluas 45.000 hektar ini resmi dibuka menjadi sebuah taman wisata alam. Situ Patenggang terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ Patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena di sekitarnya terdapat hamparan kebun teh.

Nama Situ Patenggangl berasal dari bahasa Sunda yaitu ‘situ’ yang berarti danau, dan ‘pateangan-teangan’ yang berarti saling mencari. Ada sebuah mitos tentang Situ Patenggang yang menceritakan tentang cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis yang terpisah sangat lama. Karena cinta mereka yang sangat dalam, mereka berdua saling mencari sampai pada akhirnya bertemu di suatu tempat yang sekarang disebut sebagai ‘Batu Cinta’. Setelah bertemu kembali, Dewi Rengganis meminta dibuatkan danau dan perahu supaya mereka dapat berlayar bersama.

Di Situ Patenggang, kita dapat menikmati berbagai kegiatan seperti mengelilingi keindahan Situ Patenggang dengan menggunakan perahu atau bebek-bebekan, membeli beragam oleh-oleh khas Jawa Barat, bermain paintball, hingga bermain flying fox yang jalurnya menyebrangi situ. Seru banget kan? Situ Patenggang ini juga menjadi danau favorit bagi para fotografer karena pemandangan situ saat pagi hari sangat indah yang dikelilingi oleh kabut sehingga menambah kesan misterius.

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Situ Patenggang

Our Recommendations