Map of Taman Kupu-Kupu Tabanan Bali

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Dont hesitate to call us.
or CLICK to request.

081910831792support_img

Taman Kupu-Kupu Tabanan Bali

Bali Butterfly Park, Buruan, Tabanan
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-img

Kupu-kupu merupakan serangga dengan sayap yang cantik. Bagi kalian yang menyukai dan mengagumi serangga ini, wajib sekali mengunjungi Taman Kupu-Kupu Tabanan Bali yang juga merupakan penangkaran kupu-kupu terbesar di Asia Tenggara.

No Hotels Found.

Choose hotels from back-end to show in this section.

No Destinations Found.

Choose destinations from back-end to show in this section.

Taman Kupu-Kupu Tabanan Bali

Taman Kupu-Kupu Tabanan Bali atau Butterfly Park Tabanan adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Tabanan dan juga taman pelestarian dan penangkaran kupu-kupu yang terbesar di Bali serta di Indonesia dan di Asia Tenggara dan sekaligus menjadi salah satu objek wisata taman kupu-kupu Bali yang dipakai untuk edukasi dan penelitian.

Di Taman Kupu-Kupu Tabanan Bali ini terdapat ribuan ekor kupu-kupu dari berbagai spesies/jenis yang di tangkar dan dikembangbiakkan, baik yang dilindungi oleh hukum maupun yang tidak dilindungi, disamping itu juga terdapat spesies serangga lainnya yang dilestarikan di Taman Kupu-Kupu Tabanan Bali ini. Kupu-kupu yang sudah dewasa akan dilepas dan diterbangkan ke alam bebas ke habitat aslinya.

Taman Kupu-Kupu Bali telah berdiri sejak tahun 1996 dan dikelola sendiri oleh PT. Kupu-Kupu Taman Lestari. Taman yang memiliki luas area sekita 1 hektar ini merupakan taman kupu-kupu pertama di Indonesia dan diklaim terbesar di Asia. Pendirian Taman Kupu-Kupu ini berawal dari pemikiran akan pentingnya menjaga kelestarian kupu-kupu. Hal ini dikarenakan beragam jenis kupu-kupu bisa ditemui di Indonesia. Oleh karenanya, usai pelaksanaan International Butterfly Conference atau konferensi kupu-kupu sedunia yang berlangsung di Ujung Pandang ini, mulailah direncanakan pembangunan Bali Butterfly Park. Dari hasil konferensi yang berlansung pada tanggal 24 – 27 Agustus 1993 tersebut diputuskan pembangunan taman kupu-kupu dimulai sejak bulan Oktober 1993. Namun, peresmian taman kupu-kupu ini baru dilakukan pada tanggal 17 Desember 1996. Peresmian tersebut dilakukan oleh Ibu Asiawati Oka selaku Ketua Tim PKK Propinsi Bali.

Saking banyaknya koleksi kupu-kupu di taman ini, tiap bulannya diperkirakan mampu melepas minimal 3.500 ekor dan terdiri dari berbagai jenis kupu-kupu dari seluruh Indonesia.

Di tengah kejenuhan dengan wisata pantai yang memang menjadi primadona di pulau Dewata, Bali Butterfly Park bisa dibilang tempat wisata yang nyaman di kawasan Tabanan. Di Bali Buttefly Park, kalian tidak hanya melihat kupu-kupu beterbangan dari satu bunga ke bunga lain untuk dihisap madunya, tapi juga secara langsung menyaksikan spesies langka yang dilindungi termasuk yang paling populer adalah kupu-kupu sayap burung surga (Omithoptera Paradisea).

 

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Taman Kupu-Kupu Tabanan Bali

Our Recommendations