Map of Wisata Edukasi Pulo Kambing

Top Rated Products

READY FOR A TRIP?

Dont hesitate to call us.
or CLICK to request.

081910831792support_img

Wisata Edukasi Pulo Kambing

Pulo Kambing, RT.10/RW.2, Jatinegara, Jakarta Timur
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-imgplace-imgplace-imgplace-imgplace-img

Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk belajar hidroponik atau ke instansi pemerintahan untuk belajar mengenai pemberdayaan masyarakat. Karena di Jakarta, di tengah-tengah daerah industri terdapat satu tempat yang keren banget dan beda dari lainnya. Yuk, lihat lebih dekat ada apa saja disini!

Wisata Edukasi Pulo Kambing

Wisata Edukasi Pulo Kambing merupakan program pemberdayaan masyarakat di Kampung Pulo Kambing, Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung yang menjadikan terwujudnya masyarakat yang mandiri dalam perekonomian sebagai salah satu visinya. Wisata Edukasi Pulo Kambing dibentuk oleh para ibu di Kampung Pulo Kambing melalui Koperasi Bersatu Kerabat Pulo Kambing yang membuat koperasi simpan pinjam atas rasa keprihatinan melihat warga masyarakat di sekelilingnya mengandalkan bank keliling atau rentenir untuk meminjam uang. Tak hanya itu, mereka juga membuat program Bank Sampah yang secara tidak langsung menjadikan masyarakat sekitar lebih peduli lingkungan.

Bank sampah Pulo Kambing bertujuan untuk membantu menangani pengolahan sampah di masyarakat sekitar dan juga untuk memperbaiki ekonomi warga miskin. Saat ini masyarakat berlomba – lomba mengumpulkan sampah plastik dan ditabungkan ke Bank Sampah pulo kambing mulai dari pemulung hingga PNS dimana dari situ kita bisa menilai pada dasarnya masyarakat kita ini masih peduli dengan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Berdirinya Bank Sampah ternyata memberikan peran yang cukup besar, selain bisa membantu ekonomi masyarakat, bank sampah pulo kambing pun memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Selain Bank Sampah, Mereka juga menerapkan sistem 3R (Reuse, Reduce Recycle) di Rumah Kreatif Bersatu Nusantara. Salah satunya membuat kerajinan bangku dari botol dan plastik bekas. Mengolah kertas menjadi kerajinan tangan berbentuk asesoris dan souvenir yang dapat dibeli di Pulo Kambing. Produknya yang unik dan dikemas dengan lucu semakin membuat pengunjung tertarik.

Langkah Pulo Kambing yang berlokasi di Jl. Sawadaya No. 1Komplek PLN GAS Klender Jakarta Timur ini, untuk menjaga lingkungan tidak berhenti hanya di Bank Sampah saja. Sadar bahwa Jakarta memiliki lahan yang kecil dan terbatas untuk ruang hijau, mereka akhirnya membuat serta mengajarkan kepada masyarakat untuk menanam melalui sistem hidroponik. Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tumbuhan. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Dengan dibentuknya Wisata Edukasi Pulo Kambing, tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mempelajari dan mengenal kegiatan Koperasi, tanaman hidroponik, Bank Sampah dan produk kreatif hasil olahan sampah daur ulang . Dengan hanya merogoh kocek sekitar Rp. 25 .000/anak, peserta wisata edukasi akan diberi pengenalan Koperasi Simpan Pinjam, pengenalan Bank Sampah, serta pengenalan mengenai Hidroponik. Yuk kenalkan ke generasi muda sistem ekonomi dan lingkungan yang lebih sehat! Segera hubungi Kak Mazaya di 0819 1083 1792 untuk irformasi mengenai Wisata Edukasi Pulo Kambing !