Science Trip MTS Negeri 4 Jakarta to Museum Geologi & Puspa Iptek

Museum Geologi merupakan salah satu museum andalan yang ada di Bandung. Museum ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum yang pada zaman kependudukan Belanda bernama Geologisch Laboratorium dan berubah menjadi Kogyo Zimusho saat kependudukan Jepang ini cocok bagi pelajar sekolah jurusan IPA maupun IPS.

Pada tanggal 18 April, siswa siswi kelas 7 Science MTSN 4 Jakarta berkunjung ke Museum Geologi dan Puspa Iptek. Di Museum Geologi, mereka bersemangat mencatat dan mengambil gambar serta menyaksikan film mengenai tokoh geologi. Mereka juga melihat fosil gajah purba jenis yang nama ilmiahnya Stegodon trigonocephaus yang hidup 1,2 juta tahun lalu, terdapat pula kerangka Rhinoceros Sondaicus atau Badak Jawa yang keberadaannya nyaris punah serta kura-kura purba raksasa yang memiliki tinggi 1,5 meter dengan panjang 2 meter. Dan yang paling keren, mereka terperangah melihat fosil Tyrannosaurus Rex atau T-Rex dengan tinggi 6,5 meter, panjang 14 meter dan berat mencapai 6 ton.

Puas belajar di Museum Geologi, mereka lanjut ke Puspa Iptek yang berada di Jalan Raya Padalarang, Bandung. Sebelum masuk ke Puspa Iptek, mereka mendapat penjelasan dari kakak pendamping mengenai bentuk bangunan yang unik yang juga ternyata berfungsi sebagai jam matahari atau sundial. Dan merupakan yang terbesar di Asia Pasifik. Setelah istirahat dan makan siang, mereka bersiap berkeliling mencoba berbagai alat peraga dan tak lupa, mereka juga mencoba Sepeda Gantung yang rasanya saat melihat saja bawaannya merinding. Setelah melihat demo sains, mereka menonton film 4D yang lokasinya tak jauh dari Puspa Iptek.

Posted In:    

Other Details

  • Submitted On : 20 Apr 2017

No Comments

Leave a Reply