fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
media pembelajaran ppt

Memberikan media pembelajaran PPT untuk generasi milenial adalah tantangan bagi para pengajar. Hal ini lantaran generasi milenial memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi sebelumnya, seperti generasi Y atau yang lebih tua lagi. Generasi milenial sendiri adalah generasi yang lahir di zaman teknologi dan informasi yang serba maju.

Generasi ini sangat melek terhadap terhadap informasi, terutama soal internet. Maka tak heran kalau generasi ini sangat melek pada pembelajaran berbasis internet, salah satunya media pembelajaran yang menarik. Generasi ini akan lebih mudah menyerap pembelajaran yang dikemas secara baik. Lantas bagaimana cara membuat pembelajaran untuk pada generasi milenial? Salah satu caranya adalah menggunakan PPT atau PowerPoint.

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint (Ppt) adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan para trainer.

Program atau software ini mempunyai beragam fungsi dan manfaat, antara lain:

  • Memudahkan pengguna mengatur materi yang hendak disampaikan.
  • Membuat audience lebih gampang memahami materi presentasi karena hanya menampilkan poin-poin utama yang disuguhkan dalam bentuk slide.
  • Membuat penyajian materi lebih berkesan, apalagi jika pengguna menambahkan animasi-animasi di dalamnya. Sebab, pada kasus yang sering ditemui, audience kurang fokus dan bosan apabila materi nan ditampilkan monoton.

Cara Membuat Media Pembelajaran PPT Menarik

1. Siapkan Bahan Secara Lengkap

Generasi milenial adalah generasi yang kritis dan bisa mendapatkan berbagai macam bahan belajar dari Internet. Untuk itu, pengajar harus bisa dengan cermat mencari bahan yang sulit di dapatkan siswa agar mereka mendapat banyak hal baru.

Dengan menyiapkan bahan secara lengkap, pengajar bisa memberikan ilmu dan wawasan lain untuk para siswanya. Tentu hal ini akan memudahkan pengajar menarik perhatian dan minat para siswa.

2. Gunakan Template PPT Sesuai dengan Karakteristik Siswa

Setiap siswa memiliki karakteristik tersendiri, apalagi anak-anak yang masuk dalam generasi milenial. Kenali karakteristik siswa Anda, dan cari template PPT yang paling sesuai. Apakah siswa suka yang sederhana, atau justru suka yang ramai.

Hal ini tentu memengaruhi daya fokus dan daya serap anak dalam memahami materi. Dengan template PPT yang menarik, anak akan lebih mudah untuk belajar dan memahami setiap ilmu yang diberikan oleh pengajar.

3. Buat Slide yang Interaktif

Metode menulis semua hal di slide PPT kini sudah kuno dilakukan. PPT model itu bisa membuat siswa pasif dan bosan. Ubahlah dengan membuat PPT dua arah. Buatlah PPT yang bisa menarik interaksi siswa. Misal dengan PPT tanya jawab, atau dengan kuis dan game.

PPT dengan model ini akan lebih disukai para milenial yang mudah bosan dengan tulisan yang terlalu banyak. Selain itu, buat PPT yang mengalir, jangan terlalu kaku dan terkesal membosankan.

4. Gunakan Foto, Video, atau Media Bantu Lain

Satu yang juga penting dalam membuat media pembelajaran PPT untuk milenial adalah media bantu lain. Anda bisa menambahkan foto, video, atau audio di dalam PPT yang dibuat. Media bantu ini bisa Anda imbuhkan dengan bantuan tools hyperlink.

Selain membuat PPT menjadi lebih menarik, imbuhan media lain ini akan menambah wawasan dan ilmu bagi siswa bertambah. PPT menjadi lebih lengkap dan lebih interaktif. Perhatian siswa menjadi terfokus dan lebih terarah.

Dengan mengaplikasikan beberapa cara di atas, besar kemungkinan media pembelajaran yang Anda buat lebih menarik dan mudah dipahami generasi milenial.

Leave a Reply