fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Museum Lombok : Belajar Sambil Wisata

Lombok merupakan salah satu daerah yang memiliki unsur sejarah yang kental. Jika Sobat WS berkunjung ke Lombok, pastikan Sobat WS mendatangi museum di Lombok yang terletak di Center Kota Mataram. Museum di Lombok ini menyajikan banyak koleksi peninggalan sejarah yang dapat menjadi salah satu tempat wisata edukasi terbaik bagi Sobat WS dan orang terdekat. Ingin tahu lebih lanjut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Museum di Lombok

Mengenal Museum di Lombok

Museum Nusa Tenggara Barat atau yang lebih dikenal dengan museum Lombok ini merupakan pusat penyimpanan sejarah yang dilengkapi dengan harta benda peninggalan sejarahnya. Sobat WS dapat berkunjung ke musium ini ke alamat Jalan Panji Tilar Negara No. 6, terletak di pusat Kota Mataram.

Museum Lombok memiliki koleksi kurang lebih 7000 buah peninggalan. Peninggalan tersebut terdiri dari koleksi budaya, keramik, arkeologi, geologi, biologi, dan sejarah. Tempat tersebut merupakan museum paling lengkap di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Museum ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1982 tepat pada tanggal 23 Januari. Museum ini didesain dengan konstruksi yang nyaman disertai distribusi dan tata letak peninggalan sejarah yang sangat bagus.

Di museum ini Sobat WS dapat mempelajari sejarah yang ada di Lombok dari penjelasan yang disertakan pada di bagian bawah atau atas benda yang dipertontonkan. Dengan mempelajari sejarah dan budaya yang terdapat di Lombok ini Sobat WS dapat memperluas ilmu pengetahuan.

Jika berkunjung, Sobat WS akan disambut oleh buaya muara yang telah diawetkan berukuran sangat besar yaitu Panjang 4 meter dan lebar 1 meter. Pada awalnya buaya ini tinggal di wilayah Dompu dan telah memakan banyak korban manusia. Oleh karena itu buaya ini ditangkap kemudian diserahkan ke museum di Lombok ini pada tahun 2010.

Koleksi Museum

Museum ini memiliki berbagai macam koleksi yang dapat menambah ilmu pengetahuan serta menambah wawasan Sobat WS terkait sejarah dan budaya pada masing-masing koleksi yang tersedia. Menurut sumber dari masyarakat, museum ini juga menyimpan benda yang dipercaya memiliki kekuatan mistis.

Terdapat beberapa benda yang dipercaya masyarakat dapat menolak roh halus, penangkal petir, pengusir roh jahat, dan berbagai koleksi lainnya. Adapun macam-macam koleksi tersebut dibedakan menjadi beberapa benda berikut ini.

1. Naskah kuno

Disini tersedia naskah kuno yang terbuat dari daun lontar dengan tiga tulisan yaitu aksara Jawa kuno, Bali, dan Arab. Naskah-naskah ini berisi tentang agama, sejarah, sastra, pemerintahan, filsafat, bahkan astronomi.2

2. Miniatur pulau Lombok dan Sumbawa

Jika Sobat WS ingin melihat secara detail keadaan geografis pada pulau Lombok dan Sumbawa, dapat dilihat melalui miniatur yang disediakan di museum ini. Dengan miniatur ini Anda dapat melihat secara rinci letak geografis dari kedua pulau tersebut.

3. Patung dan ornamen

Jika Sobat WS berkunjung di dalam museum terdapat patung berbentuk hewan pada bagian belakang dan luar bangunan. Patung hewan dan ornamen di lantai museum memiliki bentuk yang unik sehingga dapat dijadikan sebagai pengalaman baru jika berkunjung ke museum ini.

Jam Buka Museum

Museum ini buka setiap hari dan memiliki perbedaan jam buka, misalkan pada hari Selasa hingga Kamis buka pada jam 08.00 sampai 14.00 WITA.  Pada hari Jumat buka dari jam 08.00 sampai 11.00 WITA. Sedangkan Minggu buka pukul 08.00 sampai 14.00 WITA. Museum ini tutup hanya pada saat libur nasional saja.

Tiket Masuk

Tidak perlu khawatir akan menguras budget, wisata edukasi museum Lombok ini hanya merogoh kocek Rp. 2000 saja. Dengan harga tiket tersebut Sobat WS sudah dapat mengeksplor museum ini tanpa batas waktu.

Sekian penjelasan tentang museum yang merupakan sumber sejarah Nusa Tenggara Barat ini. Pengalaman yang seru dari kunjungan museum ini dapat menjadi salah satu sumber untuk mendalami adat serta tradisi di Nusa tenggara Barat. Ayooo #KembaliKeLombok

Leave a Reply