fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
Negara dengan sistem pendidikan terbaik duniaSumber : Shutterstock Education, elementary school https://www.shutterstock.com/image-photo/education-elementary-school-learning-people-concept-326638589

Negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia (Sumber : https://www.shutterstock.com/image-photo/education-elementary-school-learning-people-concept-326638589)

 

Pendidikan menjadi hal yang fundamental banget dalam kehidupan seseorang karena berkontribusi besar dalam menumbuhkan cara berpikir. Lalu, siapa sih yang nggak mau mengenyam pendidikan terbaik? Berikut adalah beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yang bisa jadi destinasi buat kamu untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik. Penasaran? Yuk, simak!

Finlandia

Terkenal dengan jumlah jam belajar paling sedikit diantara negara lainnya bukan menjadi hambatan bagi Finlandia untuk menyandang gelar negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia, lho! Malah, dengan jumlah jam belajar yang sedikit ini, para siswa justru mendapatkan waktu untuk bermain, bergaul dan berkreasi secara bebas yang mana jauh lebih bermanfaat bagi perkembangan mereka. Di Finlandia, pendidikan bukanlah sebuah beban dan dapat dengan mudah diakses. Tidak adanya label sekolah “terbaik” atau “terburuk” menjadikan masyarakatnya tidak memusingkan kemana anak mereka harus disekolahkan, karena tiap sekolah di Finlandia memiliki kualitas yang sama baiknya. Sistem pendidikan ini juga menjadi faktor mengapa Finlandia menduduki peringkat atas dalam jajaran negara paling bahagia di dunia.

 

Denmark

Menjadi salah satu negara yang menggratiskan biaya pendidikan bagi masyarakatnya, Denmark justru masuk ke jajaran negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Masyarakat Denmark sangat mementingkan balance (keseimbangan) dalam menjalani kehidupan, tidak terkecuali saat mengenyam pendidikan. Denmark memiliki fasilitas pendidikan yang sangat baik untuk mendukung kualitas pendidikan bagi generasi mudanya tanpa mengesampingkan kenyamanan masyarakatnya. Hal yang menarik dari sistem pendidikan Denmark adalah metode pembelajaran problem-based yang menstimulasi kemampuan berpikir kritis para siswa menemukan solusi dari permasalahan yang ditemukan. Selain itu, diskusi aktif dan kolaborasi sudah menjadi hal yang umum bagi kegiatan pendidikan di negara ini sehingga banyak mendukung terciptanya pemikiran yang inovatif.

 

Kanada

Negara yang memiliki lambang negara daun maple ini merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Memberikan fasilitas pendidikan world-class dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas yang dapat diakses oleh masyarakatnya, sekolah di Kanada dituntut dapat memberikan pembelajaran dengan berbagai perspektif kepada para siswanya. Tumbuh dan berkembang di negara multikultural yang kental, membuat masyarakat memiliki pemahaman yang kaya akan berbagai budaya dan menumbuhkan sikap toleransi sejak dini.

 

Amerika Serikat

Memiliki sistem pembelajaran yang kental dengan metode berbasis penelitian (research-oriented) menjadikan Amerika Serikat sebagai salah satu negara penyandang gelar negara dengan sistem terbaik di dunia. Kemampuan negara ini dalam menciptakan berbagai penemuan baru tidak lagi mengherankan karena inovasi dan kreatifitas menjadi inti dari filosofi pendidikan di Amerika. Kemampuan berinovasi tersebut dihasilkan dari sistem pendidikan yang menuntut para siswa untuk dapat mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi ide dan menciptakan solusi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Tapi, tahu nggak sih kalo belajar itu nggak cuma dari sekolah aja? Kamu juga bisa belajar melalui travelling, lho! Untuk dapetin berbagai informasi menarik seputar educational & experiential travel yang seru dan menarik, kamu bisa kunjungi kami di Instagram @wisatasekolah, bisa hubungi melalui Whatsapp di 0819 1083 1792 atau juga telepon di 021-7599 9969. See you!

 

Leave a Reply