Paket Wisata Edukasi TMII Museum Tour

Paket wisata edukasi Taman Mini Indonesia Indah (Museum) merupakan paket edukasi menarik bagi anak-anak yang ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai perkembangan alat transportasi, telekomunikasi dan penerangan.  Dengan mengunjungi museum transportasi, museum telekomunikasi dan museum penerangan di TMII, banyak pengetahuan yang kita dapat dan sudah pasti menjadi salah satu pilihan untuk kegiatan fieldtrip sekolah.

Browse Wishlist

Description

PAKET WISATA EDUKASI TMII MUSEUM TOUR 

Museum Transportasi

Museum Transportasi adalah museum milik Kementrian Perhubungan yang bertujuan mengumpulkan, memelihara, meneliti, memamerkan bukti sejarah dan perkembangan transportasi, serta perannya dalam pembangunan nasional. Museum ini menampilkan berbagai moda transportasi yang mengandung nilai sejarah dan perannya dalam perjuangan bangsa. Pameran di dalam ruang dibagi menjadi beberapa tempat yang seolah-olah merupakan bangunan tersendiri yang disebut dengan modul, terdiri atas modul pusat, modul darat, modul laut dan modul udara, baik dengan benda asli, tiruan, miniatur, foto, maupun diorama.

Modul pusat menggambarkan keberadaan transportasi tradisional masa lampau, mencakup trasportasi darat dan laut dari berbagai daerah di Indonesia, berupa alat trasportasi sederhana dengan menggunakan tenaga manusia, hewan atau angina; antara lain Cikar, Andong, Bendi, Becak, Perahu layar. Modul darat menggambarkan keberadaan dan layanan transportasi darat, yang mencakup transportasi jalan raya, jalan baja, sungai, danau dan penyebrangan, berupa alat transportasi yang sudah menggunakan tenaga mesin awal sampai sekarang, antara lain Cikar DAMRI yang merupakan armada pertama DAMRI dan berperan pada masa kemerdekaan tahun 1946 sebegai alat angkut logistic militer di Surabaya dan Mojokerto. Selain bus tentunya ada gerbong kereta api beserta lokomotifnya, becak Siantar, berbagai jenis sepeda dan lain-lain.

Modul laut menggambarkan keberadaan dan layanan jasa transpotasi laut yang telah menggunakan mesin, mencakup berbagai kapal penumpang, container, dok terapung, serta peralatan penunjangnya ; dilengkapi paparan teknologi kelautan dengan berbagai jenis kapal laut, prasaranan dewasa ini, serta peralatan penunjang lainnya. Modul udara menggambarkan keberadaan layanan dan jasa transportasi udara serta perkembangannya serta teknologi peralatan transportasi udara, yang mencakup pesawat terbang, peralatan transpotasi udara, dan peralatan Bandar udara.

Museum Telekomunikasi

Museum Telekomunikasi adalah salah satu museum sains yang dapat menjadi sumber informasi mengenai perkembangan pertelekomunikasian di Indonesia. Di dalam museum ini, kita dapat mengenal berbagai informasi mengenai perkembangan pertelekomunikasian di Indonesia yang diperagakan pada masa sebelum perang, awal kemerdekaan, orde baru, dan masa depan telekomunikasi dunia, termasuk alat komunikasi dari masa ke masa. Alat telekomunikasi pra-elektrik antara lain meliputi alat komunikasi tiup, kenthongan/gendering, bedug, gong dan lonceng. Alat telekomunikasi masa elektrik antara lain telegraph morse, sentral telepon manual local baterai, dan diorama pemancar radio perjuangan YBJ-6.

Alat komunikasi sekarang dibagi menjadi analog dan digital. Alat komunikasi analog meliputi pesawat teleprinter.teleks, sentral telepon otomat analog, maket jaringan telekomunikasi nasional dan maket SKGM, serta Hambur Tropos. Alat komunikasi digital meliputi planet konfigurasi, STKB konvensional dan STKB cellular, sampel produk PT INTI, panel STDI-K, panel stasiun bumi kecil, peluncuran satelit, maket geo statistic orbit (GSO), panel konfigurasi SKI, panel intelsat/Inmarsat, serta paduan solusi pelayanan teknologi informasi (Pasopati) atau integrated system digital network (ISDN).

Museum Penerangan

Museum penerangan adalah salah satu media yang mengumpulkan, mempelajari, menggelar dan merawat objek sejarah penerangan dan komunikasi, sekaligus merupakan media komunikasi masa keenam setelah tatap muka, radio, TV, film dan pers. Bangunan terdiri dari tiga lantai, melambangkan kehidupan masa lalu, masa kini dan masa mendatang. Puncak gedung berbentuk silinder, mencitrakan kenthongan sebagai unsur penerangan tradisional, menyangga menara antenna sebagai unsur modern.

Berbagai koleksi museum yang dapat kita pelajari di lantai satu berupa benda-benda yang mempunyai nilai sejarah informasi dan komunikasi  berupa benda-benda yang mempunyai nilai sejarah informasi dan komunikasi dari film, radio, televise, media tatap muka, termasuk media tradisional, serta perkembangan media pers dan grafika berikut 17 patung setengah badan tokoh informasi dan komunikasi. Selain itu terdapat 4 diorama kecil operasional penerangan di bidang pependes, pencerdasan kehidupan bangsa, penanggulangan bencana alam, dan kelompencapir. Koleksi lain berupa mesin ketik huruf Jawa yang digunakan sejak tahun 1917 oleh Keraton Surakarta, kamera perekam rapat kabinet RI pertama, Radio Oemoem tahun 1040, dan sebagainya. 

Di lantai dua juga terdapat tujuh diorama yang menggambarkan kegiatan penerangan dalam membangkitkan Nasionalisme, menyatukan bangsa, dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, termasuk percetakan Koran Retno Dhoemilah. Koleksi lantai tiga meliputi tiga studio mini PFN, studio mini RRI, TVRI dan display foto transparan.

Day Time Activity

Day 1

06.00

Meeting point di sekolah & Persiapan keberangkatan

07.00

Perjalanan menuju Taman Mini Indonesia Indah

09.00

Tiba di TMII , kegiatan edukasi  di Taman Mini Indonesia Indah yaitu:

Mengunjungi Museum Transportasi  :

  • Tour Museum Transportasi Melihat berbagai koleksi alat transportasi dari masa ke masa dan mempelajari berbagai alat transportasi darat, udara, baik dengan benda asli, tiruan, miniatur, foto, maupun diorama.
11.30 Istirahat dan makan siang
12.30-sls

Mengunjungi Museum Telekomunikasi dan Museum Penerangan:

  • Tour Museum Telekomunikasi Melihat berbagai koleksi alat komunikasi berbagai informasi mengenai perkembangan pertelekomunikasian di Indonesia yang diperagakan pada masa sebelum perang, awal kemerdekaan, orde baru, dan masa depan telekomunikasi dunia, termasuk alat komunikasi dari masa ke masa.
  • Tour Museum Penerangan Melihat berbagai koleksi alat penerangan dari masa ke masa dan mempelajari benda -benda yang mempunyai nilai sejarah informasi dan komunikasi.

Include:

Bis Pariwisata (AC,RS, Flat TV, DVD)

HTM Tempat Wisata

Program Wisata Edukasi

Welcome Snack

Meals (McDonalds/HokBen)

Pin Name Tag dari Wisatasekolah.com

Tour Leader

Free Guru Pendamping

Banner Kegiatan

Tips Driver, Parkir, Tol, dll.

T-Shirt (by Request)

Dokumentasi (by Request)

MUSEUM TRANSPORTASI

MUSEUM TELEKOMUNIKASI

MUSEUM PENERANGAN

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Paket Wisata Edukasi TMII Museum Tour”

Your email address will not be published. Required fields are marked *