6 Tempat Wisata di Jawa Timur Ini Cocok untuk Wisata Edukasi!

6 Tempat Wisata di Jawa Timur Ini Cocok untuk Wisata Edukasi!

Tempat wisata di Jawa Timur sangatlah banyak. Beberapa diantaranya dapat dijadikan sebagai tujuan alternatif wisata keluarga, karena cocok dikunjungi oleh anak-anak. Dengan mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut, maka pikiran anak akan kembali segar setelah sebelumnya dijejali dengan sejumlah berbagai aktifitas harian.

Tak hanya memberikan edukasi, beberapa diantara tempat wisata tersebut juga ada yang bisa membuat anak menjadi lebih sehat. Mengapa demikian? Karena untuk menikmati berbagai wahana yang ada di dalamnya, anak akan diminta untuk aktif bergerak. Beberapa tempat wisata yang seperti itu di Jawa Timur adalah sebagai berikut.

5 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Membuat Anak Jadi Aktif Bergerak

1. Perkebunan Teh Wonosari Singosari

Tempat wisata yang pertama ialah Perkebunan Teh Wonosari Singosari, Malang. Meskipun yang ada di dalamnya didominasi oleh tanaman teh, namun kebun yang luasnya sekitar 1.144 hektar ini tetap bisa Anda jadikan alternatif saat ingin mengajak anak untuk refreshing.

Suasana kebun sangat sejuk, sehingga bagus untuk anak. Dan seperti kebanyakan kebun teh yang ada, Perkebunan Teh Wonosari Singosari ini juga memungkinkan Anda dan anak melakukan tea walk di dalam area wisata. Tak hanya itu saja, ini juga merupakan tempat wisata edukasi yang menunjukkan proses pengolahan daun teh, mulai dari masa panen hingga pengepakan.

Untuk fasilitasnya sendiri, ada fasilitias sepak bola, fasilitas bola volli sampai jalur khusus untuk jogging. Kemudian ada kolam renang hangat, flying fox, wall climb, sepeda gunung, sepeda air dan lain-lainnya yang bisa membuat anak bergerak dengan aktif.

Jika Anda tertarik untuk mengajak anak ke sana, maka Anda bisa langsung menuju lokasinya yang ada di lereng Gunung Arjuno. Tepatnya adalah di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

2. Taman Bunga Selecta

Selain Perkebunan Teh Wonosari Singosari, Taman Bunga Selecta juga merupakan alternatif yang bagus untuk liburan Anda dan anak. Di tempat wisata yang ada di Kota Batu ini, Anda dapat mengajak anak berjalan-jalan sembari menikmati pemandangan yang disajikan. Sudah ada jalur khusus yang disediakan kok, sehingga Anda dan anak tidak perlu blusukan.

Puas berjalan-jalan, Anda bisa mengajak anak mencoba wahana sky bike, yakni sebuah wahana yang perlu dikayuh seperti sepeda ontel biasa. Kemudian ada area play ground, Kiddie Ride, pemandian air panas, menunggang kuda, perahu bebek serta flying fox juga.

Anda dan anak dapat menikmati itu semua dengan mengunjungi lokasi Taman Bunga Selecta yang ada di Jl. Raya Selecta No. 1, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

3. Magic Fantasy Kingdom

Magic Fantasy Kingdom adalah salah satu tempat wisata dan bermain untuk anak yang ada di Surabaya. Tempatnya luas dan bersih serta colourful khas anak-anak. Dengan berada di sini, anak bisa bermain sepuasnya.

Setidaknya ada 30 wahana yang bisa dicoba di sini, diantaranya ialah berseluncur di ketinggian 5 meter, memanjat tebing, mengayuh perahu di kolam, berlayar menggunakan kapal selam serta melihat ikan hiu dari dekat, memancing ikan, bermain pasir, flying fox, memanjat tebing dan lain-lain.

Keamanan anak di Magic Fantasy Kingdom ini cukup terjamin. Pasalnya, terdapat beberapa orang petugas yang selalu standby. Petugas-petugas tersebut juga akan bersedia membantu bila ada pengunjung yang kesulitan saat menikmati wahana permainan yang ada. Untuk Anda yang membawa bayi, bisa juga bermain di Baby Playground yang juga ada di Magic Fantasy Kingdom ini.

Secara keseluruhan, Magic Fantasy Kingdom cocok dikunjungi oleh anak-anak mulai dari usia balita sampai dengan remaja, khususnya 15 tahun. Untuk lokasinya sendiri ada di Jl. Mayjen Sungkono Surabaya, Lower Ground Floor No. 43, Ciputra World Surabaya.

4. Chipmunks Playland and Café

Masih seperti sebelumnya, Chipmunks Playland and Café ini juga merupakan tempat wisata sekaligus bermain. Tempat ini dapat dikunjungi oleh anak-anak mulai usia balita sampai dengan 12 tahun. Konsepnya sendiri adalah indoor dan perlu diketahui bahwasanya semua wahana permainan yang ada bebas dari mesin.

Alhasil, jika memang anak ingin bermain di Chipmunks Playland and Café, maka anak tersebut harus mengandalkan kekuatan fisiknya. Dengan begini, anak juga akan menjadi lebih banyak bergerak.

Beberapa wahana yang ada di sini ialah Chipmunks Ville and Giant Slide, Flying Fox, jembatan tali dan wall climbing. Anda juga tidak perlu khawatir dengan keamanan anak, karena di sini sudah terdapat sejumlah petugas yang memantau.

Khusus untuk anak yang usianya masih di bawah 3 tahun pun, Chipmunks Playland and Café juga menyediakan area tertentu sehingga mereka bisa bermain dengan aman, tanpa perlu khawatir dengan gangguan anak-anak usia 4 tahun ke atas yang juga bermain di sana.

Tempat wisata dan bermain indoor ini dapat Anda temukan di sejumlah pusat perbelanjaan Surabaya seperti Galaxy Mall dan Tunjungan Plaza.

5. Agrowisata Bhakti Alam

Tempat wisata yang lainnya ialah Agrowisata Bhakti Alam. Ini adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam sebagai sajian utamanya, dimana di dalamnya terdapat kebun buah dan taman bunga yang cukup luas.

Adapun tanaman buah yang ada di sini cukup beragam, diantaranya ada kelengkeng, melon, jambu, buah naga serta durian. Hasil panen dari tanaman buah tersebut nantinya akan dipasarkan di pasar buah yang juga ada di area tempat wisata. Jika pengunjung berkenan, pengunjung dapat mencicipi buah yang tengah dipanen sekaligus mengikuti pelatihan pembibitan.

Agrowisata Bhakti Alam sering dijadikan sebagai tempat outbond oleh anak-anak sekolah yang dimula dari jenjang TK sampai jenjang SMA. Nah, dalam aktivitas outbond untuk anak sekolah ini, ada kegiatan praktek menanam padi dan praktek memerah susu sapi juga. Soal fasilitas, di sini sudah cukup lengkap bahkan juga ada instruktur profesional.

Apabila Anda berminat untuk mengajak anak atau murid-murid berwisata ke sana, maka silahkan datangi langsung lokasinya di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Nongkojajar, Pasuruan.

6. Bukit Flora Nongkojajar Pasuruan

Selanjutnya ada Bukit Flora Nongkojajar Pasuruan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata satu ini mempunyai aneka macam bunga, dimana dua diantaranya ialah bunga anggrek dan bunga krisan. Lokasinya yang juga berada di ketinggian sekitar 700 mdpl sangat mendukung tempat ini sehingga mempunyai udara yang sejuk.

Selain sebagai tempat wisata, Bukit Flora Nongkojajar Pasuruan ini juga merupakan tempat edukasi, khususnya dalam hal pengenalan flora. Pengenalan flora ini dimasukkan dalam paket wisata edukasi untuk anak sekolah yang dimulai dari jenjang TK hingga SMA. Tapi, untuk ini harus reservasi terlebih dahulu.

Materi yang disajikan sebenarnya juga bukan hanya mengenai flora, tetapi ada juga pembelajaran mengenai budidaya jamur, pembelajaran membuat topeng serta membatik. Sementara untuk wahana permainannya, di sini sudah ada panjat tangga ala militer, flying fox, area merayap, titian keseimbangan, sky bike dan lain-lain.

Apabila Anda memang tertarik untuk mengajak anak ke sana, maka lokasinya ada di Jl. Raya Tutur, Desa Tutur, Nongkojajar, Pasuruan.

Selain keenam tempat wisata di Jawa Timur di atas, tentunya ada tempat wisata-tempat wisata lain yang juga menyenangkan bila dikunjungi bersama anak-anak. Nah, sembari berwisata, jangan lupa untuk meminta anak-anak agar tidak membuang sampahnya sembarangan supaya kebersihan lingkungan tetap terjaga.

About the Author

on Jun 21, 2019

No Comments

Leave a Reply