fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Tips Merencanakan Wisata Edukasi

wisatasekolah.com




Wisata Edukasi atau Field Trip merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, karena kegiatan ini dilakukan di tempat yang baru dengan beberapa kegiatan yang tentunya sangat menarik serta menambah wawasan dan pengetahuan para peserta. Kegiatan Wisata Edukasi memerlukan perencanaan yang baik agar tujuan dari kegiatan tersebut tercapai.

Keberhasilan sebuah kegiatan wisata edukasi akan ditentukan oleh perencanaan yang baik, karena kegiatan ini biasanya melibatkan pihak-pihak lain, maka sebaiknya dibuat perencanaan yang baik agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan lokasi dan tanggal kegiatan wisata edukasi adalah sebagai berikut:

1. Jumlah Peserta.
Jumlah peserta kegiatan Wisata Edukasi yang akan dilaksanakan tentunya sangat berpengaruh terhadap banyak hal, seperti biaya, jumlah kendaraan, makanan atau akomodasi.

2. Tujuan

Tempat Tujuan Wisata Edukasi harus diketahui jarak dan kapasitasnya atau daya tampung, waktu buka serta fasilitas yang disediakan. Besar tiket masuk, tempat beristirahat atau hal-hal lain seperti jarak tempuh dan mod transportasi yang harus diketahui sebelum menentukan tempat tujuan.

Jarak yang tidak terlalu jauh tentunya dapat dicapai dalam waktu singkat, demikian sebaliknya dengan jarak yang jauh, tentunya akan ditempuh dengan waktu yang lebih lama dan sering kali jarak menentukan jumlah hari kegiatan Wisata Edukasi.

3. Tema

Tema kegiatan Wisata Edukasi juga perlu ditentukan seperti wisata profesi, wisata museum, wisata pabrik, dan twma wisata lainnya. Misalnya dalam rangka hari lingkungan, maka sebaiknya tempat tujuan dan kegiatan yang akan dilakukan juga berhubungan dengan tema yang telah ditentukan, seperti taman wisata, kebun raya, dan sebagainya. Bila temanya berhubungan dengan sejarah tentunya kegiatan ini akan mengambil tempat di museum dan sejenisnya.
4. Perlengkapan.

Untuk sebuah perjalanan Wisata Edukasi yang melibatkan banyak peserta perlu dipersiapkan seluruh peralatan yang akan digunakan, baik digunakan diperjalanan, di lokasi wisata edukasi, maupun pada saat kegiatan lainnya. Perlengkapan keselamatan standar, obat-obatan serta P3K merupakan perlengkapan yang tidak boleh dilupakan.

5. Biaya.

Biaya untuk tiap peserta tentunya harus bisa ditentukan jauh-jauh hari karena berhubungan dengan anggaran sekolah atau pengeluaran tambahan bagi setiap peserta.

6. Survey

Survey sebelum melaksanakan kegiatan wisata edukasi atau field trip sangat penting agar panitia kegiatan memperoleh gambaran lengkap tentang situasi yang akan dihadapi, baik di perjalanan maupun di lokasi saat pelaksanaan kegiatan. Team survey sebaiknya mencatat semua hal yang berhubungan dengan seluruh pelaksanaan kegiatan nantinya. Namun biasanya kegiatan survey ini memerlukan perhatian khusus karena biasanya berbenturan dengan waktu, biaya dan lain-lain.

7. Serahkan pada ahlinya

Untuk mempermudah dan menghemat biaya dalam merencanakan Wisata Edukasi, serahkan perencanaan dan pelaksanaan Wisata Edukasi kepada School Trip Organizer yang profesional dan berpengalaman seperti Wisata Sekolah.com.  Sebagai Pelopor School Trip Organizer in Indonesia, pelayanan Wisata Sekolah.com akan sangat mempermudah seluruh perencanaan anda dalam menentukan kegiatan wisata edukasi yang anda inginkan.

Dengan biaya yang relatif sama (bila dibandingkan dengan harus survey, mencari akomodasi lainnya serta mempersiapkan segala kebutuhan kegiatan) anda dapat mengkonsultasikan tujuan wisata edukasi yang anda inginkan bahkan dapat disesuaikan dengan budget yang sudah direncanakan. 

Hal-hal tersebut di atas hanya sebagian kecil saja, selain hal-hal di atas mungkin masih banyak hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan kegiatan wisata edukasi sesuai dengan pengalaman dan kebutuhan. 

Selamat merencanakan wisata edukasi… 
 Daftar Paket Wisata Edukasi silahkan KLIK DISINI….

Pusat Informasi Wisata Edukasi Sekolah

TIPS MERENCANAKAN WISATA EDUKASI

Leave a Reply