+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

6 Wisata Edukasi di Jakarta Rekomended, Ecofriendly!

Tempat Wisata Edukasi di Jakarta

Berkunjung ke tempat wisata edukasi di Jakarta menjadi pilihan kegiatan yang tepat untuk mengisi waktu liburan. Anda tidak usah bingung memilih tempat yang akan dikunjungi karena Jakarta memiliki beragam objek wisata edukasi menarik.

Memangnya, apa saja pilihan tempat wisata edukasi yang bisa dikunjungi? Jika penasaran, maka langsung saja simak informasi menarik tentang daftar rekomendasi wisata pendidikan di Jakarta!

Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Jakarta

Berikut ini beberapa pilihan tempat di Jakarta yang bisa dikunjungi untuk wisata edukasi, yaitu:

1. Seaworld Ancol

Jika ingin bermain sambil belajar tentang dunia bawah air, maka Seaworld Ancol bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Di Seaworld Ancol, terdapat banyak aquarium besar berisi aneka jenis ikan dan satwa laut lainnya sehingga anak-anak bisa melihatnya secara langsung.

Selain ikan dan satwa laut hidup, Seaworld Ancol juga memamerkan beragam jenis satwa laut yang diawetkan. Setiap aquarium atau tempat memajang satwa laut yang diawetkan dilengkapi dengan papan informasi sehingga bisa menambah pengetahuan para pengunjung.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Selain Seaworld Ancol, TMII juga merupakan salah satu wisata edukasi anak di Jakarta. Di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), anak-anak bisa mengenal dan belajar keanekaragaman budaya Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke.

Anak-anak bisa melihat langsung beragam rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, anak-anak juga bisa mempelajari keanekaragaman pakaian adat dan berbagai budaya lainnya dari daerah-daerah di Indonesia.

TMII juga memiliki wahana edukatif lainnya sehingga anak-anak dapat mempelajari ilmu pengetahuan alam secara langsung melalui kegiatan yang lebih menyenangkan.

3. Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta

Pilihan tempat wisata edukasi di Jakarta lainnya adalah kawasan Kota Tua Jakarta yang dikelilingi oleh berbagai museum, seperti Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Art 3D, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta Museum Wayang.

Kawasan Kota Tua Jakarta memang cocok untuk liburan sambil belajar mengenal berbagai budaya peninggalan zaman dulu di museum. Misalnya, sejarah perbankan Indonesia, sejarah mata uang Indonesia, hingga seni 3D, wayang, bahkan seni rupa maupun seni keramik.

4. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang juga merupakan salah satu contoh wisata edukasi yang menyenangkan untuk dikunjungi. Anak-anak bisa melihat langsung berbagai jenis hewan di Kebun Binatang Ragunan. Selain itu, anak-anak juga bisa mengenal keanekaragaman hewan dari berbagai daerah.

Kebun Binatang Ragunan juga bisa dijadikan tempat untuk menumbuhkan rasa kepedulian anak-anak terhadap makhluk hidup lainnya, seperti binatang.

Berbagai kegiatan lainnya yang menyenangkan sekaligus edukatif di Kebun Binatang Ragunan adalah bersantai di taman refleksi, menunggangi gajah jinak, naik kereta keliling, bersepeda, melihat atraksi satwa, naik kuda, dan lain sebagainya.

5. Museum Moja

Museum Moja yang berada di kawasan stadion utama kompleks GBK juga bisa dikunjungi untuk liburan sekaligus belajar. Anak-anak bisa melihat dan mempelajari langsung aneka seni di Museum Moja. Museum Moja juga menyediakan fasilitas untuk melukis di kanvas atau dinding lho!

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Museum Moja adalah bermain mini golf, bermain sepatu roda, roller skating, dan berbagai kegiatan lainnya. Para pengunjung juga bisa bebas hunting foto sepuasnya di setiap sudut aesthetic Museum Moja.

Kegiatan menyenangkan di Museum Moja sangat bermanfaat untuk melatih kreativitas dan menumbuhkan jiwa seni anak-anak.

6. Pulo Kambing

Rekomendasi tempat edukasi lainnya untuk dikunjungi adalah Pulo Kambing di daerah Klender, Jakarta Timur. Di tempat ini, anak-anak bisa berwisata sekaligus belajar tentang sains dan sosial melalui kegiatan yang menyenangkan.

Anak-anak akan belajar mengenal tanaman hidroponik, jamur, bank sampah, dan lain sebagainya. Pulo Kambing juga menyediakan fasilitas agar anak-anak bisa belajar mengenal berbagai produk kreatif yang dibuat dari hasil daur ulang sampah.

Pulo Kambing memang sangat cocok dikunjungi agar anak-anak bisa lebih mengenal lingkungan secara langsung. Selain itu, wisata edukatif di Pulo Kambing juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Tempat wisata edukasi di Jakarta bisa menjadi pilihan tempat wisata untuk dikunjungi ketika liburan. Yuk, liburan ke berbagai tempat wisata edukatif bersama https://wisatasekolah.com/ agar liburan terasa lebih menyenangkan dan penuh pembelajaran!

Leave a Reply