5 Objek Wisata Edukasi Jabodetabek Bertemakan Alam Lingkungan

Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa jenuh dengan rutinitas sehari, anak-anak juga iya. Karena itu, tak ada salahnya jika sesekali anak diajak untuk berwisata. Bagusnya lagi jika objek wisata yang dituju itu adalah objek wisata alam edukasi, sehingga selain bisa bermain, anak juga bisa sekaligus menambah pengetahuannya. Dalam hal ini, ada banyak objek wisata edukasi Jabodetabek yang bisa dituju.

Dengan mengunjungi objek wisata-objek wisata tersebut, anak bisa langsung merasakan bagaimana indahnya berinteraksi dengan lingkungan. Dan dari sekian banyak objek wisata edukasi yang ada di Jabodetabek, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

5 Objek Wisata Edukasi Jabodetabek

1. D’Kandang Amazing Farm

Mulai dari yang pertama, ada D’Kandang Amazing Farm. Sesuai dengan namanya, objek wisata edukasi satu ini menawarkan pengalaman yang berhubungan dengan dunia pertanian dan peternakan. Cocok kiranya jika dijadikan tujuan wisata keluarga ataupun studytour sekolah.

Objek wisata yang berdiri di atas lahan seluas 8 hektar ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dan wahana permainan, sehingga kegiatan yang dapat dilakukan saat anak berada di dalamnya cukup beragam. Terhitung sejak pertama kali masuk dan membayar tiket masuk, pengunjung akan diberikan topi rimba plus dengan 1 botol yogurt.

Lanjut ke bagian dalamnya, ada 2 jenis wahana, yakni wahana edukasi dan wahana kreasi. Wahana edukasi terdiri atas memerah susu sapi, memberi pakan pada kelinci, menanam tanaman hias, memanen sayuran, menunggang kuda dan lain-lain. Sementara untuk wahana kreasi, diantaranya ialah melukis layang-layang, membuat kreasi tanah liat, melukis kaos, kreasi kokedama dan lain-lain

Untuk fasilitas, beberapa diantaranya ialah pancuran jika anak ingin bermain air, playground rumah-rumahan kayu, perosotan melingkar, chickenology atau pengetahan peternakan ayam, gantungan topi cacing serta spot foto yang begitu menarik.

Jika Anda tertarik untuk mengajak anak ke D’Kandang Amazing Farm, Anda dapat cek lokasinya langsung di Jl. Penarikan, RT.07/RW. 02, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok.

2. Kuntum Farm Field

Wisata edukasi yang lainnya, adalah Kuntum Farm Field. Wisata ini sekaligus menyatukan beberapa bidang yang terdiri atas perkebunan, peternakan, pertanian serta perikanan berikut dengan metode pembibitan dan juga pengembangan secara organik. Untuk mendukung suasana, saat berada di area wisata, setiap pengunjung akan diberikan caping, baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

Objek wisata ini juga sekaligus memberikan pelatihan untuk agribisnis, pembuatan pupuk kompos, pemanfaatan pupuk kompos, tanaman perkebunan, tanaman kehutanan serta pembudidayaan tanaman obat dan buah.

Selain tanaman, Kuntum Farm Field juga mempunyai binatang yang juga beragam. Kandang-kandang binatang tersebut terawat dengan bersih, dan jika anak tertarik, anak bisa mencoba memberikan susu atau pakan pada kambing dan sapi yang ada di sana.

Selain sapi dan kambing, ada pula area khusus untuk kelinci dan unggas. Uniknya lagi, di objek wisata satu ini terdapat sungai buatan yang biasa dijadikan tempat bermain oleh bebek. Dan setelah puas berkeliling, pengunjung bisa beristirahat di pendopo yang ada di sana. Atau jika ingin mencoba kegiatan yang lain, ada area berkuda juga loh di sini.

Benar-benar objek wisata yang membuat anak berinteraksi langsung dengan lingkungan bukan? Jika tertarik, Anda bisa langsung cek lokasinya di Jl. Raya Tajur No. 291, Sindangrasa, Bogor Timur.

3. Godong Ijo

Nah, kalau Godong Ijo, ini adalah objek wisata yang secara sepintas mirip dengan Kebun Raya Bogor, dimana di dalamnya terdapat aneka macam tanaman dan hewan yang cukup langka. Karena banyaknya tanaman yang tumbuh di area ini, maka begitu pertama kali masuk, pengunjung akan merasakan udara yang segar.

Tanaman yang ada di Godong Ijo sebagiannya digolongkan sesuai fungsinya masing-masing, seperti zona tanaman langka, tanaman buah, tanaman industri, tanaman pangan, tanaman obat, tanaman rempah dan lain-lain.

Sementara untuk fauna, memang di sini tidak disebut sebagai kebun binatang, namun pengunjung tetap bisa melihat beragam fauna langka dan fauna yang cukup ganas. Diantaranya ialah Phyton snake atau ular piton. Meskipun ganas, ular ini tetap dapat diajak berinteraksi kok.

Kemudian ada ikan Arapamia asli dari Sungai Amazon. Selanjutnya ada kura-kura raksasa. Bisa dikatakan hewan satu ini adalah yang terbesar kedua di dunia dengan bobot sekitar 350 gram dan panjang karapasnya mencapai 2 meter. Ada juga iguana yang panjangnya  hingga 1,8 meter.

Selain bisa mengamati tumbuhan dan hewan, ada kegiatan lain yang bisa dilakukan di Godong Ijo ini, diantaranya ialah menanam satu pot tanaman yang kemudian bisa dibawa pulang, green house visit, menangkap ikan, education farm, camping, membatik dan lain-lain.

Kegiatan-kegiatan tersebut tergabung dalam berbagai pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Tertarik? Kunjungi saja lokasinya langsung di Jl. Cinangka Raya KM 10, No. 60, Desa Serua, Bojongsari, Kota Depok.

4. Tanah Tingal

Tanah Tingal ini juga merupakan objek wisata alam edukatif yang pas untuk segala umur. Di dalamnya terdapat sekitar 30 jenis burung dimana diantaranya ialah betet abu, tekukur, kutilang, pipit benggala dan perkutut Jawa.

Selanjutnya, Tanah Tingal juga mempunyai kolam renang, danau buatan serta sungai yang dapat dimanfaatkan untuk basah-basahan dan bermain permainan air. Fasilitas lainnya ialah area bermain anak atau area dolanan bocah yang posisinya dekat dengan kolam renang.

Dalam area ini terdapat berbagai wahana seperti titian tali, jungkat jungkit dan permainan lain yang menguji ketangkasan. Selanjutnya ada pendopo, saung santai serta barak penginapan. Ada juga lapangan futsal, kolam ikan, dermaga, area camping, area sawah, kebun sayuran, rumah nemplok, rumah bugis, rumah ndekem, kios Tanah Tingal, panjat dinding dan kayak.

Untuk berlibur di Tanah Tingal ini, ada beberapa paket yang bisa Anda pilih seperti paket outbond yang menggabungkan wisata petualangan dan liburan, outing kids, edu kids dan lain-lain.

Untuk yang satu ini, Tanah Tingal juga merupakan objek wisata yang pas untuk mendekatkan anak pada lingkungan bukan? Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi wisata satu ini, lokasinya berada di Jl. Merpati No. 32B, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan.

5. Scientia Square Park

Scientia Square Park ini adalah kawasan taman hijau yang luasnya sekitar 1,2 hektar. Meskipun berupa taman, namun objek wisata ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat anak jadi lebih dekat dengan alam.

Di sini, anak bisa berinteraksi secara langsung dengan sejumlah hewan seperti ikan koi, kuda, kelinci hingga kerbau. Kemudian anak juga bisa mengikuti aktifitas bercocok tanam di Paddy Field dan Edible Garden. Bisa juga dengan bermain di Science Playground, berkebun, memandikan kerbau, memberikan makan ikan koi dan lain-lain.

Nah, jika Anda ingin memperkenalkan anak pada aneka ragam kupu-kupu, Anda dapat mengajak anak ke The Metamorphosis of Butterfly Park.

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi objek wisata edukasi Jabodetabek yang bisa mendekatkan anak dengan lingkungan. Jadi, Anda mempunyai banyak pilihan hendak mengajak anak liburan ke mana. Dan sebaiknya jangan lupa, setiap kali Anda mengajak anak berwisata seperti ini, ajarkan anak agar menjaga lingkungan dengan baik.

About the Author

on Jul 02, 2019

No Comments

Leave a Reply