fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
Museum bahari

Wisata Edukasi ke Museum Bahari

Ingin tau sejarah tentang ke Baharian dan nelayan bangsa indonesia dari sabang hingga merauke dari dahulu hingga sekarang ?? dan sejarah perdagangan yang masuk ke indonesia melalui jalur laut. Semua terangkum dalam Museum Bahari. Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang berlokasi di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Museum ini termasuk favorit lho, yang banyak dikunjungi pelajar dan mahasiswa.

Sejarah

Sekarang kita lihat sejarah singkatnya yuk. Pada masa pendudukan Belanda bangunan ini dulunya adalah gudang yang berfungsi untuk menyimpan, memilih dan mengepak hasil bumi, seperti rempah-rempah yang merupakan komoditi utama VOC yang sangat laris di pasaran Eropa. Bangunan yang berdiri persis di samping muara Ci Liwung ini memiliki dua sisi, sisi barat dikenal dengan sebutan Westzijdsche Pakhuizen atau Gudang Barat (dibangun secara bertahap mulai tahun 1652-1771) dan sisi timur, disebut Oostzijdsche Pakhuizen atau Gudang Timur. 
Gudang barat terdiri dari empat unit bangunan, dan tiga unit di antaranya yang sekarang digunakan sebagai Museum Bahari. Gedung ini awalnya digunakan untuk menyimpan barang dagangan utama VOC di Nusantara, yaitu rempah, kopi, teh, tembaga, timah, dan tekstil.
Pada masa pendudukan Jepang, gedung-gedung ini dipakai sebagai tempat menyimpan barang logistik tentara Jepang. Setelah Indonesia Merdeka, bangunan ini dipakai oleh PLN dan PTT untuk gudang. Tahun 1976, bangunan cagar budaya ini dipugar kembali, dan kemudian pada 7 Juli 1977 diresmikan sebagai Museum Bahari.

Koleksi

Nambah ilmu banyak kan tentang sejarahnya , sekarang wisatasekolah ajak anda semua untuk mengetahui berbagai koleksi yang ada di museum Bahari ini. Koleksi-koleksi yang disimpan terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Selain itu ada pula berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Juga peralatan yang digunakan oleh pelaut di masa lalu seperti alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam.
Museum Bahari juga menampilkan koleksi biota laut, data-data jenis dan sebaran ikan di perairan Indonesia dan aneka perlengkapan serta cerita dan lagu tradisional masyarakat nelayan Nusantara. Museum ini juga menampilkan matra TNI AL, koleksi kartografi, maket Pulau Onrust, tokoh-tokoh maritim Nusantara serta perjalanan kapal KPM Batavia – Amsterdam.

Alamat dan jam operasi

Penasaran ingin berkunjung ?? jika ingin datang sendiri Museum ini berlokasi di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara . Jam kunjung museum adalah 09.00 – 15.00 WIB, dari Selasa hingga Minggu. Pada hari libur sekolah, museum tetap dibuka. Anda dapat menuju lokasi tersebut menggunakan kendaraan pribadi, nah jika anda berencana pergi dengan rombongan sebaiknya anda menggunakan jasa wisatasekolah.com, semua urusan akomodasi mulai dari bis,makan, tips tol driver, lokasi, booking dan lainnya anda tidak perlu repot. Serahkan semua pada wisatasekolah, school trip pertama di Indonesia. Spesialis trip edukasi yang sudah berpengalaman.
Silahkan lihat artikel wisatasekolah.com yang lainnya , untuk menambah referensi kunjungan wisata baik secara individu maupun grup. Kami percaya bahwa belajar tidak harus didalam kelas, dan wisata tidak hanya ke mall dan tempat hiburan. Banyak destinasi wisata yang keren dan luar biasa yang dapat anda kunjungi yang pastinya menambah wawasan dan kecinataan terhadap tanah air Indonesia.
Jika anda berminat menggunakan jasa wisatasekolah.com untuk wisata edukasi ke museum bahari dan museum lainnya di Jakarta, silahkan hubungi kami di nomer telpon yang tersedia diwebsite wisatasekolah.com.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Bahari

Pusat Informasi Wisata Edukasi Sekolah

Leave a Reply