fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
Tank Leopard

WISATA EDUKASI TANK KOSTRAD CIJANTUNG

Batalyon Kavaleri 1/Badak Ceta Cakti Divisi Infanteri 1/Kostrad adalah sebuah pasukan kavaleri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dibentuk pada 18 April 1950 dan bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur.

PERALATAN


Batalyon ini memiliki tiga kompi tank, ditambah satu kompi markas. Setiap kompi tank terdapat 3 peleton tank, dan setiap peletonnya memiliki 3 tank Scorpion dan 1 Stormer APC. Untuk satu Tank Scorpion diawaki oleh tiga orang personel terdiri dari pengemudi, penembak kanon dan komandan kendaraan. Senjata utamanya kanon 90 mm. Selain itu pula Batalyon ini juga dilengkapi dengan kendaraan pengangkut, yakni truk yang mampu mengangkut tank untuk keperluan efisiensi atau perpindahan administrasi. Jumlahnya sekitar 6 buah, masing-masing mampu menggandeng dua buah Tank. Kedepannya Batalyon Kavaleri 1 akan diperbaharui dengan mendapatkan 42 unit Leopard 2 Revolution.

ORGANISASI


    Danyon  : Mayor Kav Sumantri Harsono S.I.P.
    Wadanyon  : –
    Pasi 1  : Lettu Kav Ricky Adhityawan.
    Pasi 2  : Lettu Kav Muh. Solikin Hadi B.
    Pasi 3  : Kapten Kav Dhanang Prasetyo K.
    Pasi 4  : Kapten Kav Teddi S.M. Nadeak, S.Pd.
    Danki 11  : Lettu Kav Tegar Ilma Noor.
    Danki 12  : Kapten Kav Kurnia Santiadi W.
    Danki 13  : Lettu Kav Helmi Wijaya.
    Dankima  : Kapten Kav Dwi Joko Purnomo.

TUGAS

Salah satu ciri yang dimiliki oleh Batalyon Kavaleri 1/Tank Kostrad ini antara lain adalah daya tembaknya yang besar, daya gerak yang tinggi, sistem komunikasinya kenyal. Ia juga memiliki daya kejut, terlindung lapis baja, dan mampu menyesuaikan dan melaksanakan perintah dengan cepat.
Dengan ciri khas seperti itu, Batalyon Kavaleri ini akan mampu melakukan penerobosan-penerobosan yang dalam dan dapat melakukan pelambungan yang lebar. Ia juga mampu melakukan eksploitasi, pertahanan mobil, pengintaian, pengamanan, bahkan mampu pula untuk dihadapkan dengan lawan tank. Kavaleri juga mampu melakukan pengintaian. Hal ini merupakan salah satu peran Kavaleri dalam suatu operasi militer. Pengintaian yang dilakukan itu bisa terus menerus, terutama oleh Kavaleri intai.
Kebayang kan kerennya instansi yang satu ini, Tegas, disiplin dan penuh dedikasi. NKRI harga mati merupakan jiwanya, dalam dirinya tertanam jiwa kebangsaan yang pekat dan kental. Menjadikan kita sebagai warga sipil segan.  tapi tenang, jika anda berkunjung ke satuan ini, hangatnya sambutan akan terasa. Ditambah ke ramahan di setiap individu. Akan sangat mengasyikan
Berniat untuk berkunjung ?? anda bisa tanyakan info atau booking langsung kunjungan ke Tank kostrad melalui kami wisatasekolah.com.

Informasi kunjungan :


Pusat Informasi Wisata Edukasi Sekolah

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Batalyon_Kavaleri_1

Leave a Reply