fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

10 Museum Unik di Jakarta

10 Museum Unik di Jakarta

Jakarta tidak hanya ramai dengan gedung dan kendaraan. Ternyata, Jakarta juga memiliki banyak sekali museum dengan berbagai tema mulai dari sejarah hingga seni. Daripada menghabiskan akhir pekan di mal saja, yuk kita kunjungi berbagai museum seru dan unik di Jakarta!

  1. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

Museum ini cocok untuk Anda yang menyukai fotografi. Berkesan gothic dan misterius. Museum yang dulunya sebuah pemakaman umum bernama Kebon Jahe Kober ini menampilkan berbagai karya seni masa lampau tentang kecanggihan para pemahat, pematung, kaligrafer, dan sastrawan. Tidak heran Museum Taman Prasasti memiliki berbagai spot foto yang tidak akan ditemui di museum lain di Jakarta.

 

  1. Museum Basoeki Abdullah

Museum Basoeki Abdullah

Basoeki Abdullah sendiri merupakan maestro pelukis Indonesia. Dulunya, museum ini merupakan kediaman pribadi Basoeki hingga meninggal dan akhirnya dihibahkan ke pemerintah Indonesia. Kini, bangunan museum yang lebih modern telah dibangun di sebelah bangunan yang lama. Museum Basoeki Abdullah berisi lukisan dan koleksi pribadi Basoeki Abdullah seperti patung, topeng, wayang, dan senjata.

 

  1. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik menyimpan beragam karya seni rupa dari berbagai bahan dan teknik yang berbeda seperti patung, grafis, totem kayu, sketsa, dan batik lukis. Di sini dapat Anda lihat sekira 350 buah lukisan dan 1350 buah keramik. Museum ini sangat tepat untuk Anda yang ingin mengamati koleksi keramik Nusantara, Asia, dan Eropa. Gedung yang dibangun pada 12 Januari 1870 itu awalnya digunakan oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk Kantor Dewan Kehakiman pada Benteng Batavia (Ordinaris Raad van Justitie Binnen Het Kasteel Batavia). Dilihat dari sejarah awal fungsi bangunan, sudah terbayangkan bentuk bangunan megah  ala Eropa.

 

  1. Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kayu dan kulit maupun bahan-bahan lain. Wayang-wayang dari luar negeri ada juga di sini, misalnya dari Reoublik Rakyat Tiongkok dan Kamboja. Hingga kini Museum Wayang mengkoleksi lebih dari 4.000 buah wayang, terdiri atas  wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan. Umumnya boneka yang dikoleksi di museum ini adalah boneka-boneka yang berasal dari Eropa meskipun ada juga yang berasal dari beberapa negara non-Eropa seperti Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia. Selain berbagai macam koleksinya, museum ini juga mengadakan pagelaran wayang yang diadakan pada minggu ke 2 dan 3 tiap bulannya.

 

  1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum perumusan naskah proklamasi merupakan museum sejarah yang menjadi saksi lahirnya naskah proklamasi Indonesia. Persiapan dan perumusan naskah, pengetikan, serta pengesahan atau penandatanganan naskah proklamasi dilakukan di rumah yang dulunya merupakan rumah Laksamana Tadashi Maeda. Serunya lagi, museum ini dibuat serupa seperti kejadian perumusan naskah proklamasi. Sehingga pengunjung yang masuk merasakan atmosfir yang sama.

 

  1. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda

Museum ini memiliki koleksi foto dan benda-benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda tahun 1928, serta kegiatan-kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia. Di museum yang dulunya merupakan tempat berkumpulnya pelajar-pelajar dari Stovia (sekarang: Fakultas Kedokteran Indonesia) ini merupakan saksi bisu berbagai organisasi pergerakan pemuda untuk melakukan kegiatan pergerakan meperjuangkan kemerdekaan tanah air. Museum Sumpah Pemuda merupakan museum yang wajib dikunjungi jika ingin menanamkan kembali rasa nasionalisme.

 

  1. Art: 1 New Museum

art 1 new museum

Museum yang terletak di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat ini dahulu bernama Mon Décor Gallery yang telah berdiri sejak tahun 1983 dan memiliki beberapa cabang galeri yang tersebar di Jakarta. Di tahun 2011, Mon Décor Gallery berkespansi menjadi museum swasta, art space, sekaligus institusi seni yang mendukung infrastruktur seni di Indonesia. Gedungnya yang serba putih dan memiliki arsitektur yang unik, kesan artsy tentu sudah terasa saat Anda melangkahkan kaki ke pintu masuk museum. Untuk Anda yang menyukai seni pasti tidak sabar unntuk berkunjung kesini.

 

  1. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional

Tua bukan berarti kuno. Disitulah nilai yang paling utama di Galeri Nasional Indonesia. Museum ini terdiri dari tiga gedung yaitu Gedung A, Gedung B, dan  Gedung C. Tiap gedung berisi pameran yang menampilkan karya-seni yang antik dan autentik. Ketiga gedung tersebut dikhususkan untuk memajang karya seni rupa modern dan kontemporer. Galeri Nasional Indonesia juga mengoleksi kurang lebih 1700 karya dari para tokoh di Indonesia mulai dari lukisan, fotografi, patung, hingga lukisan.

 

  1. Museum MACAN

Museum MACAN

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara  atau Museum MACAN lahir dari seorang kolektor seni sekaligus pengusaha asal Indonesia, Haryanto Adikoesoemo. Selama 25 tahun, pria yang mendapat penghargaan Authenticity, Leadership, Excellence, Quality, Seriousness in Art ini mengumpulkan sekitar 800 karya seni.  Mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Tidak sekedar menampilkan karya seni dan menjadi ajang foto-foto, museum ini sendiri bisa jadi sarana edukasi buat anak sekolah, seniman muda juga para penikmat seni.

 

  1. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Setelah melakukan renovasi, museum ini menjadi Traveler’s Choice 2015 di TripAdvisor. Museum ini menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953. Penyajiannya dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi modern seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama sehingga menciptakan kenyamanan pengunjung dalam menikmati Museum Bank Indonesia.

Pelajari lebih banyak lagi destinasi-destinasi museum di Wisatasekolah.com dan pastikan anda menghubungi Trip Specialist kami untuk kegoatan Experiential Education Tourism Program…

[dt_sc_button type=”type1″ iconstyle=”no-icon” icon=”fa-whatsapp” link=”https://api.whatsapp.com/send?phone=6281910831792&text=Halo%20Admin,%20Saya%20mau%20tanya-tanya%20tentang%20fieldtrip/studytour…” size=”medium” bgcolor=”#81d742″ textcolor=”#ffffff” target=”_blank”]Whatsapp Chat[/dt_sc_button]

 

Leave a Reply