Wisata sekolah ke museum

Apa saja Manfaat Wisata Sekolah ke Museum? Yuk Simak!

Wisata sekolah sudah menjadi hal wajib yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk menambah wawasan sekaligus refreshing untuk para siswanya, setidaknya dalam setahun sekali atau di akhir kegiatan pembelajaran sekolah mengadakan wisata edukatif, misalnya wisata sekolah ke museum.

Beberapa tempat yang dituju pun bukan sembarangan dan biasanya dipilih dengan beberapa pertimbangan. Selain tempat yang menghibur memang ada baiknya jika wisata sekolah ini dilakukan di tempat yang memiliki nilai edukasi atau ilmu pengetahuan yang bisa menambah wawasan. Salah satu tempat wisata yang juga memiliki nilai edukasi adalah museum.

Wisata sekolah ke museum memang sering menjadi pilihan dan rupanya wisata sekolah ke museum ini memiliki banyak manfaat, ada apa saja?

5 Manfaat Wisata Sekolah ke Museum

1. Menambah pengetahuan

Museum menyimpan banyak informasi yang bisa menambah ilmu pengetahuan. Ada berbagai pilihan museum yang bisa dikunjungi, contohnya seperti museum benda purbakala, museum dirgantara atau museum pendidikan.

Pemilihan museum bisa ditentukan bergantung pada daerah yang dikunjungi dan tema karya wisatanya. Selain itu, tingkat atau kelas dari anak didik juga perlu diperhatikan. Contohnya siswa TK akan lebih suka berkunjung ke museum dirgantara di mana memerlihatkan perangkat penerbangan.

2. Meningkatkan rasa nasionalisme

Meski tidak semua museum menyimpan benda bersejarah, akan tetapi untuk karya wisata sekolah sebaiknya para siswa dibawa ke museum yang menyimpan benda atau menunjukkan sesuatu hal yang berhubungan dengan sejarah bangsa.

Sebut saja museum keris di Yogyakarta  atau museum benda purbakala di Sangiran yang bisa menambah rasa cinta terhadap tanah air karena hal yang disimpan di museum tersebut berhubungan dengan negeri sendiri.

3. Memberi gambaran visual

Museum menunjukkan gambaran visual yang nyata dari suatu peristiwa atau dari benda-benda bersejarah. Sebut saja museum gunung berapi atau museum kereta. Siswa akan mengetahui dengan jelas saat melihat visual yang disajikan secara langsung. Dengan melihat visual yang disajikan secara langsung, akan membantu memancing imajinasi.

4. Berlatih kritis dan melatih interaksi

Dengan berkunjung ke museum siswa akan dipancing untuk berpikir kritis mengenai hal yang dilihatnya. Ia juga bisa berinteraksi dengan banyak orang. Dalam kegiatan karya wisata itu, sertakan pula tugas atau wajibkan siswa untuk bertanya. Dengan begitu, siswa akan berlatih untuk berinteraksi dengan orang lain.

5. Membantu menemukan minat

Siapa sangka jika berwisata ke museum bisa membantu menemukan minat siswa? Inilah pentingnya mengapa pemilihan museum sangat diperlukan. Dengan mengunjungi museum, siswa akan mulai berimajinasi dan menemukan kesukaan atau minat mereka yang pastinya bisa membantunya untuk menentukan cita-cita.

Dari beberapa manfaat wisata sekolah ke museum di atas, Anda bisa mulai memertimbangkan untuk mengajak siswa berwisata ke sana. Kini berbagai museum sudah tersedia dengan lokasi yang menyebar, sehingga Anda bisalebih mudah memilih jika ingin datang ke lokasi yang lebih dekat.

About the Author

on Feb 27, 2019

No Comments

Leave a Reply