Belajar melalui alam

Belajar Melalui Alam, Memangnya Efektif?

Kata belajar identik dengan sekolah, guru, siswa, dan segala rutinitas di kelas. Saat mendengar kata belajar, biasanya anak akan malas dan cenderung tidak bersemangat. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun akan malas saat belajar. Namun, tahukah Anda, belajar tetap bisa dijalani secara menyenangkan yakni dengan belajar melalui alam.

Ya, salah satu cara mudah membuat belajar menjadi menyenangkan adalah belajar di alam. Dengan alam, ada banyak hal bisa Anda pelajari. Dan tentu saja hal itu tak akan bisa ditemukan di sekolah. Lantas apa saja sih manfaat belajar di alam?

Manfaat Belajar Melalui Alam

1. Belajar menghargai makhluk hidup di sekitar

Dengan belajar di alam, anak-anak bahkan orang dewasa akan sadar tentang keberadaan makhluk hidup di sekitar. Hal ini akan menumbuhkan kecintaan anak bahkan orang dewasa pada alam sekitar. Dan efek panjangnya, anak-anak tidak akan mudah merusak alam dan makhluk hidup lain.

2. Melatih motorik

Terlalu lama belajar di ruangan akan membuat orang bosan dan lelah. Badan menjadi mudah sakit dan kurang bertenaga. Dengan belajar di alam, badan akan merasakan sensasi lain. Badan menjadi lebih segar, banyak bergerak dan aktif. Efeknya, motorik tubuh akan bekerja secara maksimal. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan baik fisik maupun mental.

3. Meningkatkan kreativitas

Belajar di alam biasanya dilakukan dengan kegiatan outbond, berkemah, dan masih banyak lagi. Kegiatan-kegiatan ini sangat berguna untuk meningkatkan kreativitas. Dengan belajar di alam, Anda secara otomatis melatih kerja sama, kerja keras serta kreativitas.

Banyaknya manfaat yang didapat dari belajar di alam ini membuat Anda sebagai orang tua perlu menerapkannya pada anak. Jika di sekolah anak sudah terlalu banyak belajar materi, soal-soal pelajaran, alangkah lebih baik jika Anda mengajaknya ke luar.

Berbagai Alternatif Belajar di Alam

1. Belajar di taman

Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa mengajak anak ke taman untuk merasakan manfaat belajar di alam. Bukan tanpa sebab, taman bisa memberikan sensasi baru pada anak. Anak bisa bebas berlarian sambil memainkan berbagai permainan di sana. Tak hanya itu, anak juga bisa menambah keakraban dan kekompakan dengan orang lain.

2. Belajar di gunung atau pantai

Jika Anda memiliki waktu lebih, ajaklah keluarga ke gunung, atau pantai. Lokasi ini kental dengan nuansa alam yang menyegarkan. Selain pikiran menjadi segar, bermain ke gunung atau pantai bisa mengenalkan anak dengan berbagai makhluk hidup.

Meski terlihat hanya main-main saja, belajar melalui alam sangat berdampak pada perkembangan tubuh seseorang. Anak kecil maupun orang dewasa akan merasakan berbagai manfaatnya di kehidupan sehari-hari. Jadi untuk mengembangkan berbagai potensi yang tidak didapatkan di sekolah, belajar di alam sangat bisa Anda jadikan solusi.

About the Author

on Mar 01, 2019

No Comments

Leave a Reply