fbpx
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
+62819 1083 1792 info@wisatasekolah.com
kelas lebih menarik

Pernahkah ketika di tengah-tengah mengajar, Anda memperhatikan siswa Anda yang sedang tidak mendengarkan Anda dan asyik sendiri? Anda pasti beberapa kali mengalami hal seperti itu, dan ingin sekali membuat kelas yang menarik atau kegiatan belajar kelas lebih menarik agar anak-anak bisa fokus dan semangat dalam belajar.

Ya, adalah hal yang penting bagi Anda untuk menemukan cara agar kelas Anda tetap menarik dan para siswa dapat menyerap informasi yang Anda sajikan. Apa sajakah caranya?

5 Cara Membuat Kelas Lebih Menarik untuk Minat Belajar Anak

Berikut ini adalah 5 cara untuk membuat kelas Anda tetap menarik sehingga siswa Anda akan semangat belajar.

1. Masukkan Misteri ke Pelajaran Anda

Belajar mungkin merupakan hal yang paling menyenangkan bagi siswa dan bisa menjadi hal yang paling membosankan. Untuk menghindari rasa bosan tersebut, Anda bisa mencoba untuk memasukkan misteri ke dalam pelajaran Anda.

Ketika Anda akan mengungkap pelajaran baru, beri siswa petunjuk baru setiap hari hingga hari terakhir sebelum dimulainya pelajaran. Metode ini adalah cara yang menyenangkan untuk menjadikan pelajaran Anda misterius. Dengan cara ini  Anda bisa melihat siswa Anda benar-benar menantikan apa yang akan mereka pelajari selanjutnya.

2. Buat Game di Kelas

Game adalah cara yang bagus untuk membuat pelajaran tetap menarik. Jika siswa Anda perlu mengingat kata-kata yang perlu mereka eja maka Anda bisa melakukan permainan tentang eja kata.. Game membuat belajar menjadi menyenangkan, dan game di kelas adalah cara yang efektif membuat anak-anak bahagia

Menjadi guru yang efektif adalah pekerjaan yang penting, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus tetap serius di kelas setiap saat. Cobalah sedikit memberikan hiburan dan game siswa Anda mungkin memiliki minat dan gaya belajar yang berbeda dari Anda

3. Jadikan Pelajaran Anda Interaktif

Anda mungkin terbiasa berdiri mengajar di depan ruangan dan memberi penjelasan kepada siswa kemudian siswa mendengarkan dan mencatat. Sayangnya, itu bukanlah cara yang paling efektif untuk menarik minat belajar siswa.

Buatlah pembelajaran yang interaktif dengan menciptakan pelajaran yang langsung melibatkan siswa Anda. Coba gunakan aktivitas pembelajaran kooperatif karena ketika Anda melibatkan siswa dan menjadikan pelajaran Anda interaktif, kelas Anda menjadi lebih menarik.

4. Hubungkan Materi dengan Kehidupan Siswa Anda

Cobalah untuk menghubungkan materi yang Anda sampaikan dengan dunia nyata yang mudah ditangkap oleh siswa Anda. Cara ini akan memberi siswa-siswa pemahaman yang lebih baik tentang apa yang perlu mereka pelajari dan apa yang Anda ajarkan.

Selain itu satu hal yang perlu Anda ingat adalah ketika seorang siswa terus-menerus bertanya kepada Anda mengapa mereka perlu belajar sesuatu, maka jangalah Anda menjawab dengan kata yang didahului “karena”. Berilah jawaban mengenai kerugian jika mereka tidak belajar mengenai hal itu.

Cara-cara di atas dapat membantu Anda membuat kelas lebih menarik dan kondusif dalam belajar. Apa yang siswa pelajari di kelas akan lebih mudah untuk dipahami. Selamat mencoba.

Leave a Reply